Mencetak Calon Santri, Lewat Kunjungan Layaknya Rekreasi

Mencetak Santri, Mencetak Calon Santri, Lewat Kunjungan Layaknya Rekreasi, Pondok Pesantren Wisata An-Nur II Al Murtadlo

“Maunya sih mondok. Soalnya tadi, pas jalan-jalan keliling pondok, lihat banyak taman yang bagus juga ada hewan-hewan di kebun binatang kecil,” ucap Zaki, salah satu santri TPQ (Taman Pendidikan Quran) Hidayatul Mubtadiin kelas Dua Sekolah Dasar, dengan polos.

                Ahad, 19 September 2021 Pondok Pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” (Pesantren Wisata) mendapat kunjungan dari TPQ Hidayatul Mubtadiin Gondanglegi, Malang, untuk yang kedua kalinya. Saat pertama memasuki area pesantren, para santri TPQ Hidayatul Mubtadiin tak henti-hentinya mengedarkan senyuman saat melihat pemandangan sekitar Pondok Pesantren An-Nur II yang asri.

                Untuk pengawalan alur kunjungan saat itu, para santri dan dewan pengajar TPQ langsung diarahkan menuju ke makam Al-Maghfurlah KH. M. Badruddin Anwar untuk membaca Yasin dan Tahlil. Seusai pembacaan Tahlil, rombongan diarahkan untuk masuk ke dalam Masjid Jami` An-Nur II.

                Selepas para santri TPQ dan rombongan menata tempat duduknya dengan rapi, layar putih, yang telah dipersiapkan sebelum kunjungan itu tiba, menampilkan video profil singkat pesantren melalui proyektor. Terlihat wajah para santri yang terdiam menikmati jalannya visualisasi video tersebut.

                Ketika pemutaran video usai, Abah Arif Muhtadi selaku pemilik yayasan TPQ Hidayatul Mubtadiin diberi kesempatan untuk memberikan sambutan, “Semoga, dari kunjungan kami ke Makam Kiai Badruddin Anwar dan doa dari dewan pengasuh pesantren dapat menambah keberkahan pada yayasan kami.” Dalam sambutannya, beliau juga berharap agar santri TPQ binaannya dapat mengenal budaya pesantren lebih dekat.

                Setelah sambutan dari Abah Arif Muhtadi, Ustaz Rafif Diva selaku MC mempersilakan Ustaz Faizuddin, untuk berkenan memberikan sambutannya. “Dalam usia muda ini, kalian harus tetap mencari ilmu. Terkhusus ilmu agama. Karena, para penuntut ilmu akan senantiasa ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT,” Ujar Ketua Ma`hadiyah itu.

                Selepas sambutan dari Ustaz Faiz, Ustaz Rafif kembali menyapa adik-adik santri “Setelah ini, siapa yang mau jalan-jalan keliling pondok?” Mendengar pertanyaan tersebut, sontak para santri TPQ menjawab dengan serempak“Aku Mau….”

                “Kalau begitu, sebelum kita jalan-jalan keliling pesantren, alangkah baiknya kita mengisi tenaga dulu dengan perbekalan yang ada.” Ujar Ustaz Rafif. Menyikapi hal itu, dengan semangat para santri segera mengisi tenaga mereka dengan mengkonsumsi perbekalan yang telah mereka bawa. Tak selang lama, mereka langsung dibariskan dengan rapi di depan halaman masjid. Ekspresi-ekspresi ceria yang mereka tunjukkan begitu menggambarkan betapa inginnya untuk sesegera mungkin mengelilingi area pesantren wisata.

                Bermula dari depan masjid An-Nur II, mereka berjalan melalui jalan setapak di samping asrama Kamar A. Sampai pada koperasi MI An-Nur, para rombongan dibelokkan ke arah jalan lintas SMP dan SMA An-Nur. Kemudian mereka naik untuk menuju dan berkeliling daerah Billah lalu turun kembali melewati area SMA dan berhenti di area Bonbin (Kebon Binatang) kecil untuk merehatkan badan.

                Sesampainya di Bonbin,  dengan meriah para santri TPQ menghampiri satwa-satwa yang ada setelah istirahat sejenak. Terlihat sesaat, mereka mengelus kancil, melihat anggunnya merpati yang beterbangan dan bertengger di kandang yang cukup besar, dan sesekali menggoda beberapa kera yang ada.

                Setelah cukup lama di Bonbin, para rombongan langsung kembali menuju ke arah masjid untuk berkemas persiapan pulang. “Yah, harapannya selepas kunjungan ini, para murid TPQ Hidayatul Mubtadiin kelak juga menimba ilmu seperti halnya santri di pesantren. Terkhusus di pesantren An-Nur II ini,” tutu Abah Arif dalam wawancaranya  dengan tim Mediatch An-Nur II.     

(M. Arif Rahman Hakim/ Mediatech)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: