Terbaru

Upgrade your self

By on 31 Oktober, 2014 0 20 Views

Buletin jum’at, edisi 463upgradesuatu barang akan terlihat menarik jika masih dalam keadaan baru, tetapi jika barang tersebut sudah mulai kuno atau ketinggalan zaman, maka kita akan berfikir untuk menggantinya dengan yang baru. Itu bukti bahwa kita sebagai manusia, senantiasa membutuhkan pada suatu hal yang baru.

Sebagai contoh , setiap tahun nya kita selalu melihat berbagai produk, mulai dari alat-alat elektronik sampai alat kecantikan , semuannya mengalami perubahan atau biasa dikenal dengan istilah upgrade, dengan tujuan agar si konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang sudah ada. Begitu juga dengan diri kita, orang lain akan merasa bosan ketika melihat kita tetap dalam kondisi yang sama , dalam artian tidak mengalami perubahan apapun. Jangan biarkan diri tetap dalam keadaan kuno, membatasi diri dengan berdiam diri dan hanya menunggu semua berjalan dengan sendirinya. Perubahan adalah sebuah proses yang panjang, di dalamnya diperlukan perjuangan untuk mencapai perbaikan dan perjuangan itu membutuhkan pengorbanan ketika kita berkomitmen untuk berubah.

Berubah adalah kata yang mudah di ucapkan , tetapi bagi sebagian besar orang sulit untuk melakukannya. Perubahan pada hakikat nya merupakan sunnatulloh yang berlangsung secara teratur, namun perubahan yang di kehendaki tidak datang begitu saja

Dalam QS.Al-Ra’ad (13) :11 Alloh berfirman

 إِنَّ اللَّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ 

 Artinya: “sesungguhnya Alloh tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”

 new concept

Sudah di jelaskan, bahwa dalam melakukan perubahan itu di perlukan sebuah proses, dan Alloh sudah menjelaskannya dalam ayat Al-qur’an di atas. Maka sebelum kita ingin merubah orang lain, hendaknya perubahan itu kita mulai dari diri sendiri, dimulai dari hal kecil , dan dimulai sekarang.

Kunci perubahan yaitu di mulai dari Diri sendiri. Tentunya akan sulit mengubah keluarga ,masyarakat, bahkan bangsa jika diri sendiri tidak ingin berubah.Sebuah perubuhan yang kita lakukan akan dapat memberikan pembaruan ataupun kehancuran, semua tergantung dari diri sendiri. Bagaimana mengelola mindset (sikap), serta mental kita ketika menghadapi sebuah perubahan sekaligus secara tegas dan borkomitmen untuk berubah hingga meraih apa yang kita impikan. Tidak ada yang mampu melihat masa depan , tetapi kita hanya dapat merancang kehidupan untuk masa depan.

 

….كل شيء يبد صغير

 Artinya:”setiap sesuatu itu dimulai dari yang kecil”

 Kita sering mencoba melakukan perubahan secara cepat atau terlalu berlebihan. Perlu kita ingat bahwa perubahan itu membutuhkan proses, tidak akan ada perubahan permanen yang bisa kita capai hanya dalam waktu semalam. Jadi apapaun yang kita inginkan, kita pasti dapat meraihnya selama kita tidak menginginkan hasil yang instan.

“Sukses adalah akumulasi dari usaha-usaha, yang dilakukan secara berulang-ulang.” ( Robert coliier)

Pada akhirnya kita bisa melihat bahwa target kita menjadi masuk akal dan sangat mungkin tercapai dengan aktivitas-aktivitas kecil tersebut.

it's time

“Now time”

Lakukan perubahan itu Sekarang , anda tidak akan mendapatkan suatu hal apapun jika anda tidak bertindak. Oleh karena itu tidak ada gunannya menunda hingga hari besok atau lusa, keputusan memang ada ditangan anda, tetapi waktu yang kalian pilih juga akan menentukan. Menunda pekerjaan sama dengan menambahi pekerjaan tersebut. Ketika ingin melakukan suatu perubahan, lakukan saat itu juga.

 

Ketika kita menunda besok, maka yang akan terjadi adalah, kita akan menunda selamanya.

…….. والله اعلم

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: