Terbaru

SHOLAT AWAL WAKTU

By on 1 Maret, 2016 0 63 Views

odohONE DAY ONE HADITH

 

Dari Abdullah bin Mas’ud. Dia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW:

أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?”. Beliau menjawab, “Sholat pada waktunya.” Dia (Ibnu Mas’ud) berkata: Aku bertanya: “Lalu apa?”. Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Dia [Ibnu Mas’ud] bertanya lagi: “Lalu apa?”. Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” [HR Bukhari-Muslim]

Catatan Alvers

Pengertian hadits diatas adalah anjuran untuk melakukan sholat di dalam waktunya yang ditentukan dan menghindari sholat qadha namun dalam riwayat Al-Hakim dan Daruquthni disebutkan dengan teks “ As-Sholatu Fi Awwali Waqtiha” (Sholat pada awal waktunya) sebagai ganti “As-Sholatu ala waqtiha. Redaksi hadits ini sesuai dengan makna “Ala” pada hadits di atas yang bermakna Isti’la ala jami’i awqatiha yaitu melakukan sholat di awal waktu Sebagaimana disebutkan dalam Kitab Fathul Bari. Dengan demikian hadits diatas bisa dipahami sebagai keduanya yaitu anjuran sholat di dalam waktunya dan keutamaan sholat di awal waktunya.

 

Sholat adalah ibadah yang sangat penting oleh karenanya ibadah ini harus dilakukan bagaimanapun keadaannya bahkan orang sakitpun selama masih mampu shalat, harus tetap shalat dengan cara yang telah ditentukan. Namun masih banyak di antara kita yang sering menunda-nunda sholat walau adzan sudah berkumandang. Sholat di awal waktu memang bukan hal yang mudah di tengah kesibukan kegiatan sehari-hari namun sadarkah kita bahwa malaikat maut tidak akan pernah menunda-nunda mencabut nyawa kita.

Terdapat kejadian di Abha, ibu kota Provinsi Asir, Arab Saudi yang diceritakan oleh Syaikh Abdul Muhsin Al-Ahmad yang diupload di Islamic Tube mengenai seorang wanita pengantin yang bersikeras melaksanakan sholat isyak tepat waktu walau dilarang oleh ibunya. Ibunya berkata :

“Aku ibumu. Demi Allah, jika engkau berwudhu sekarang, ibu akan marah. Demi Allah. Shalat ini adalah perintah Allah. Ibu sendiri tahu bahwa kita tak boleh mentaati manusia untuk mendurhakai Allah. Aku takut dimarahi Allah. Tapi nanti bagaimana? Para tamu akan menertawakanmu karena engkau menemui mereka tanpa make-up. Engkau nanti tidak terlihat cantik”

Wanita itu berkata : “Ibu, jika ibu suka aku terlihat cantik di hadapan manusia, tidak sukakah ibu jika aku terlihat cantik di hadapan Allah? Dengan berwudhu dan shalat di awal waktu, Allah akan mencintai kita, mempercantik kita, apapun omongan orang”

Sang ibu tak bisa berbuat apa-apa lagi untuk mencegah putrinya itu untuk berwudhu. Selesai berwudhu, wanita itu masuk ke sebuah ruangan untuk menunaikan shalat. Ibunya pun gusar karena waktu sudah berlalu lama tapi putrinya belum juga keluar dari ruang shalatnya. Setelah didatangi, Betapa terkejutnya sang ibu karena ia menemukan Putri tercintanya meninggal dalam kondisi sujud. Innalilla Wa Inna Ilayhi Raji’un.

Wallahu A’lam. Semoga uraian singkat ini menjadikan kita lebih semangat untuk melaksanakan sholat di awal waktunya. Semoga kita semua mendapatkan hidayah dan inayah-Nya.

PENGEN ANAK ANDA SHOLAT?

Bagaimana Membuat Anak2 Anda Sholat dengan Kesadaran Mereka Sendiri Tanpa Berdebat dan Tanpa Perlu Diingatkan?

Anak2 anda tidak mau sholat? atau mereka sampai membuat anda capek saat mengingatkan untuk sholat?
Mari kita lihat bagaimana kita bisa merubah ini semua ~ biidznillah

Suatu hari, seorang sahabatku bercerita suatu kisah…

Suatu ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya (seorang yg biasa2 saja dari segi agama) , tapi ketika datang waktu sholat, semua anak2nya langsung bersegera melaksanakan sholat tanpa diperintah….

Ia berkata: Aku berkata padanya “Bagaimana anak2mu bisa sholat dg kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan?

Ia menjawab: Demi Allah, aku hanya ingin mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum aku menikah aku selalu memanjatkan DO’A ini…dan sampai saat ini pun aku masih tetap bedo’a dg DO’A tersebut

Setelah aku mendengarkan nasehatnya, aku selalu tanpa henti berdoa dg do’a ini.. Demi Allah wahai saudara2ku…
Anakku saat ini telah duduk dibangku SMA..
Sejak aku memulai berdoa dg doa itu, anakkulah yg rajin membangunkan kami dan mengingatkan kami untuk sholat…
Dan adik2nya, Alhamdulillah..mereka semua selalu menjaga sholat!!!

Sampai2…saat ibuku berkunjung dan menginap dirumah kami, ia tercengang melihat anak perempuanku bangun pagi, kemudian membangunkan kami satu persatu untuk sholat…

Aku tahu anda semua penasaran ingin mengetahui doa apakah itu?
Yaaa..doa ini ada di QS.Ibrahim: 40

( رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ
وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء )
(إبراهيم ، 40)

Doa ini adalah…
“Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yg tetap melaksanakan sholat… Ya Robb kami, perkenankanlah doaku”
(QS. Ibrahim: 40)

Yaa…Doa…Doa…dan Doa…
Sebagaimana anda semua tahu bahwa doa adalah senjata seorang mukmin

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: