Terbaru

SAAT KENYATAAN TAK SEINDAH HARAPAN

By on 19 Februari, 2017 2 345 Views

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasul SAW bersabda :

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Tidaklah ditimpakan kepada seorang muslim berupa penderitaan (keletihan), penyakit, kesusahan, kesedihan dan gangguan serta kepedihan sampai-sampai duri yang tertusuk padanya melainkan Allah menghapuskan dosa-dosanya”. [HR Bukhari]

 

Catatan Alvers

 

“Ketika mimpimu yang begitu indah, tak pernah terwujud… Ya sudahlah. Saat kau berlari mengejar anganmu dan tak pernah sampai… Ya sudahlah (hhmm). Apapun yang terjadi… ku kan slalu ada untukmu Janganlah kau bersedih… Coz Everything’s gonna be Okay…

 

Sepertinya pernah kenal perkataan ini ya? Ya Anda benar, ini adalah lirik lagu dari Bondan Prakoso yang sempat nge-hits. Lagu ini biasa saja. Namun jika kata “Aku” disandarkan kepada Allah maka menjadi luar biasa. Lagu ini menjadi pelipur lara di kala seseorang dirundung duka.

 

Setiap kita pastilah pernah mengalami kegagalan. Sadarlah alvers, Kehidupan ini tak selamanya indah. Suka dan duka datang silih berganti. Mantapkanlah hati bahwa kehidupan dunia ini adalah semu. Jika Kebahagiaannya semu maka kesedihannyapun juga semu. Tiada gunanya berlarut-larut dalam kesedihan. Yang menjadi masalah bukan seberapa banyak anda jatuh namun yang menjadi masalah apakah anda mampu bangkit.

 

Allah swt menciptakan kebahagiaan dan kesedihan silih berganti agar manusia menyadari nikmatnya kebahagiaan sehingga seseorang bersyukur tatkala mendapat kebahagiaan dan berbagi dengan orang lain. Begitu pula tatkala dilanda kesedihan ia mampu bertahan dan yakin bahwa itu adalah wujud kasih Allah yang ingin menghapuskan dosa dari dirinya sebagaimana hadits utama di atas dan ia yakin bahwa suatu saat “badai akan berlalu”. Allah swt berfirman :

 

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ

 

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah ingin memberi bukti kebenaran kepada beriman (dengan orang-orang kafir) dan menjadikan sebagian diantara kalian sebagai syuhada’ (saksi). [QS. Ali Imran: 140].

 

Maka dari itu, Suka dan duka adalah sunatullah yang pasti menghampiri kehidupan kita. Tidak ada seorangpun yang terus merasa suka, dan tidak pula terus dalam duka. Allahpun mengingatkan agar tidak putus asa  dan bersedih ketika dilanda duka. Allah SWT berfirman kepada hamba-Nya:

لَا تَقْنَطُوا

“janganlah kamu berputus asa” [QS Az-Zumar : 53]

 

Nabi Ya’qub berpesan kepada putera-puteranya :

وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ

“janganlah kamu berputus asa” [QS Yusuf 87]

 

Nabi Yusus as berkata kepada saudara- saudaranya:

فَلَا تَبْتَئِسْ

“janganlah kamu berduka cita” [QS Yusuf 69]

 

Nabi Syu’aib berkata kepada Nabi Musa AS :

لَا تَخَفْ

“Janganlah engkau takut” [QS AL-Qashah : 25]

 

Rasul SAW menghibur Abu Bakar RA:

لَا تَحْزَنْ

“Janganlah kau bersedih” [QS At-Taubah : 40]

 

Itulah Manhaj Rabbany (Metode Ilahi) yang diajarkan kepada kita dikala dirundung duka dan masalah. Bersikaplah tenang, Jangan marah, Jangan sedih sebab dalam satu Maqalah disebutkan :

لا يمكنك أن ترى صورتك في الماء وهو يغلي وبالمثل لا يمكنك أن ترى الحقائق وأنت غاضب

“Tidak mungkin engkau melihat rupamu di atas air yang mendidih, seperti itu pula tidak mungkin engkau bisa melihat hakikat suatu perkara (yang terjadi) jika engkau dalam keadaan marah.”

 

Hadapilah masalahmu dengan kepala dingin, jangan takut, jangan gelisah, jangan pula bersedih sebab masalahmu itu terjadi atas rencana Allah. Orang bijak mengatakan :

أنت تريد وأنا أريد والله يفعل ما يريد

“Kau punya rencana dan akupun punya rencana namun Allah merealisasikan rencana-Nya”.

 

Yakinlah bahwa rencana Allah adalah yang terbaik untuk kita karena Allah yang maha mengetahui hakikat dari setiap perkara yang menimpa kita. Allah SWT berfirman :

 

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu” [QS Al-Baqarah : 216]

 

Ada sebuah kisah, Seorang bapak yang bermimpi punya anak sukses menjadi Pengusaha Tambang. Demi mewujudkan kesuksesan anaknya, bapak ini rajin tahajjud, dzikir bahkan sedekah. Sebagai langkah menuju kesana, Ia bermaksud memasukkan anaknya ke di ITS atau ITB. Bapak ini menjual motor satu-satu miliknya untuk disedekahkan, dengan harapan anaknya lolos seleksi SBMPTN. Namun Takdir berkata lain, anaknya tidak lolos. Iapun tidak putus asa, Ia masukkan anaknya ke bimbel lalu ia daftarkan anaknya lewat jalur mandiri namun lagi-lagi gagal.

 

Bapak ini bingung “Kenapa Allah tidak mewujudkan cita-cita luhurnya? Bukankah ia telah rajin shalat, dzikir bahkan sedekah?“. Akhirnya, Bapak ini pasrah karena kehabisan biaya. Si anak memutuskan untuk kerja seadanya yaitu menjadi Sopir Pribadi (jauh sekali dari angan-angan bapaknya). Si anak Tawakkal kepada Allah sambil yakin bahwa semua itu pasti ada hikmahnya. Tiap hari ia mengatar boss nya ke tempat-tempat pengumpul ‘Besi Bekas‘ di daerah Jawa sembari Boss mengajarkannya bagaimana memilih Besi yang Bagus, dimana tempat membeli Besi yang Bagus dan kemana menjualnya.

 

Singkat cerita, setelah 2 tahun tanpa disangka-sangka si Boss menikahkannya dengan puterinya dan Ia-pun sekarang menjadi ‘Pengusaha Tambang Besi! Subhanallah. Lebih dahsyatnya lagi ketika teman-temannya yang lolos SBMPTN di pertambangan ITS dan ITB masih kuliah, dia yang kemarin tidak lolos sudah menjadi Pengusaha. Bahkan dua tahun kemudian ketika si anak ini menginterview calon karyawannya ia melihat CV (Curriculum Vitae)nya, ternyata si calon karyawan ini lulusan ITB yang seangkatan dengannya, ia bergumam dalam hati : “ini saingan saya dulu.” Namun Yang lolos masih jadi karyawan tapi yang gak lolos malah jadi boss. Subhanallah. Itulah Rahasia Allah. [pengenkuliah.com].

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk terus berusaha dan tidak putus asa menghadapi kenyataan yang tak seindah harapan.

 

Salam Satu Hadith,

DR.H.Fathul Bari Alvers

PP Annur2 .net Malang, Ind

 

Temukan Artikel terbaik Lainnya dalam

BUKU ONE DAY ONE HADITH

Kajian Hadits Sistem SPA

(Singkat, Padat, Akurat)

Buku Serial #1 dan #2

Harga Promo, hub.: 081216742626

 

UMRAH ALVERS Bersama Admin ODOH Alvers, Periode 20 April 2017 13 Hari Hanya Rp 26 Juta (Net, tanpa tambahan) Pesawat Saudia Langsung Madinah, Hotel Dekat, (Mekkah 7 H –Madinah 4 H) Free: Pigura Foto Depan Ka’bah, Video Dokumentasi, Asuransi-Airport tax-Handling-Perlengkapan. WA : 08125214321

2 Comments
  • Agung Dwi Gunawan 1 tahun ago

    Assalammualaikum pak ustad.Tausyiahnya pas dg kondisi sy skrg.smua sdh sy cb lakukan tp msh jauh dr harapan.Sedangkan istri saya sdh hamil tua,sy tdk pny alokasi dana utk itu.Tagihan utang rmh,mtr dll makin menumpuk.sy takut tdk bs byr.Mohon pencerahannya.Sy S1 hukum pengalaman HRD&GA serta kepala logistik dan gudang,sdh beberapa kali tes,blm diterima krj.sekali lg mhn pencerahannya.No wa sy 081298755455 dan email :agungdwigunawan@gmail.com.trm ksh.
    Wassalammualaikum wr wb

    • admin 1 tahun ago

      Waalaikumsalam Wr. Wb.
      Anda dapat lansung kesini, untuk menemui pengasuh. Beliau mungkin dapat membantu anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: