Roan atau Olahraga

ro'an, Roan atau Olahraga, Pondok Pesantren Wisata An-Nur II Al Murtadlo

Roan merupakan suatu istilah yang digunakan dalam kebanyakan pesantren. Roan memiliki arti bersih-bersih. Maksudnya, roan yaitu kegiatan para santri untuk membersihkan lingkungan pondok pesantren sesuai bagian masing-masing.

Di Pondok Pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” (Pesantren Wisata), roan dilakukan setelah pengajian Al-Quran setelah subuh secara bergotong-royong. Jadi, seusai pengajian Al-Quran usai mereka  dengan semangat membawa perlengkapan untuk bersih-bersih seperti sapu, cikrak, tempat sampah menuju ke tempat yang telah ditentukan.

Selain roan setiap hari, ada juga roan yang dilakukan secara besar-besaran, yaitu roan akbar. Roan ini merupakan rutinan yang dilakukan setiap hari jumat setelah melakukan Salat Duha secara berjamaah hingga sebelum Salat Jumat. Kegiatan roan akbar tersebut merupakan kegiatan untuk mengisi hari libur santri pada hari itu.

Tujuan diadakan roan adalah agar pondok pesantren menjadi bersih. Pada roan biasa mereka  membersihkan jalanan, taman, dan tempat yang sekiranya mudah dibersihkan. Tetapi, pada roan akbar  para santri membersihkan tempat yang tingkat kesulitannya sedikit lebih sulit untuk dibersihkan, seperti tepi sungai.

Selain lingkungan menjadi bersih, kegiatan ini merupakan olahraga yang cukup menyenangkan. Apalagi, mereka melakukan itu secara bersama-sama dengan canda tawa. Selain itu, tujuan diadakan kegiatan ini adalah, agar para santri dapat membiasakan dirinya untuk menjaga kebersihan seperti yang dikatakan hadis, “Anadofatu Min Al-Iman (kebersihan itu sebagian dari iman)” 

(Riki Mahendra/3 SMP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: