Ramadhan Panas

Hikam Zain

Umumnya memasuki bulan ramadhan, hawa yang dirasakan adalah panas, musim gugur, banyak melanda kekeringan dimana mana. Disitulah seorang hamba di coba. Bahkan panasnya di jazirah arab bisa mencapai 45 derajat celcius.

 

Pembaca Hikam Zain yang dimuliakan Allah, lantas mengapa bulan puasa ini di namakan Ramadhan ?

 

Beginilah yang diterangkan didalam kitab-kitab Ulama’ terdahulu:

الحاوى الكبير ـ الماوردى (3/ 854)وَقَدْ رَوَى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ {صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ} قَالَ : إِنَّمَا سُمِّيَ رَمَضَانُ : لِأَنَّهُ يَرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ : يَحْرِقُهَا وَيَذْهَبُ بِهَا

Anas bin malik bercerita bahwa Rosululloh SAW bersabda,dinamakan romadlon karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa.

حاشية البجيرمي على الخطيب (12/ 43)
وَرَمَضَانَ لِرَمَضِ الذُّنُوبِ فِيهِ ، لِأَنَّهُ يُرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ يُحْرِقُهَا ، وَقِيلَ : لِأَنَّ الْقُلُوبَ تُؤْخَذُ فِيهِ مِنْ حَرَارَةِ الْمَوْعِظَةِ ، وَقِيلَ : سُمِّيَ رَمَضَانَ ، لِأَنَّهُمْ لَمَّا نَقَلُوا أَسْمَاءَ الشُّهُورِ عَنْ اللُّغَةِ الْقَدِيمَةِ سَمَّوْهَا بِالْأَزْمِنَةِ الَّتِي وَقَعَتْ فِيهَا فَوَافَقَ زَمَنَ الْحَرِّ وَالرَّمَضِ ،

Dinamakan romadlon karena di bulan itu untuk membakar dosa, ada yang mengatakan karena hati seseorang di bulan ramadhan itu merasakan panasnya mauidzoh, dikatakan bahwa dinamakan romadlon karena masyarakat terdahulu memberi nama pada bulan-bulan dengan bahasa terdahulu,mereka menamakan bulan dengan musim yang bertepatan pada bulan tersebut dan ramadhan pas bertepatan dengan musim panas .

 

Meski maknanya ramadhan sendiri adalah sangat panas. Perintah menjalankan puasa turun pada tanggal 10 bulan Sya’ban tahun 1,5 hijriyah. Adapula yang menyatakan tahun ke-2 hijriyah.

Begitulah sekilas tentang ramadhan sahabat Hikam Zain yang dimuliakan Allah.

Semoga Ramadhan kita kali ini jangkep, ora gotang-gotang lan ketemu mbak lailatul Qadar heheh…

Ramadhan panas, segarkan dengan yang dingin dingin.

Siap siap es cendol, hahahaha…..
Salam Takdzim, Ahmad Zain Bad

Pondok Pesantren An Nur II Bululawang Malang.

IG : @pesantrencahaya

Youtube: lensa pesantren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: