Pasar Waqiah Ramadan: Melimpahnya Pahala Puasa

Pasar Waqiah Ramadan: Melimpahnya Pahala Puasa

Pasar Waqiah Malam Ke-6 Ramadan

Terdapat sebuah hadis Nabi Muhammad saw.,

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام؛ فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنّة، وإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث، ولا يصخب، فإن سابّه أحد أو قاتله فليقل: إني امرؤ صائم، والذي نفس محمد بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك، للصائم فرحتان يفرحهما: إذا أفطر فرح، وإذا لقي ربه فرح بصومه) رواه البخاري ومسلم.

Hadist ini memberi tahu kita, bahwa setiap amalan manusia adalah miliknya sendiri, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu milik Allah Swt., dan Allah akan membalasnya. Bayangkan saja, pahala yang bisa kita dapatkan selain berpuasa akan berlipat-lipat 10 kali hingga 70 kali lipat. Lantas bagaimana jika Allah sendiri yang akan membalasnya?

Nabi Muhammad juga memberi tahu, bahwa puasa adalah perisai karena orang yang berpuasa akan menjaga hawa nafsunya dari segala perkara tercela, walaupun tidak membatalkan puasanya. Selain itu, bau mulut dari orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah Swt., daripada bau misk. Orang yang berpuasa juga punya dua kebahagiaan: Pertama, saat ia berbuka. Kedua, saat ia bertemu dengan tuhannya saat berpuasa.

Segerakan Berbuka Puasa

Adapun hadis lain yang berbunyi,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Hadis yang satu ini menjelaskan, bahwa Nabi menganjurkan orang yang akan berpuasa untuk bersahur, karena di dalamnya terdapat keberkahan. Padahal saat sahur, kita hanya makan saja tanpa tahu bahwa di dalamnya terdapat keberkahan. Maka dari itu, jangan sia-siakan pahala puasa yang banyak ini dengan membatalkannya atau melakukan tindakan-tindakan buruk.

Dalam hadis lain pula Nabi bersabda,

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Dalam hadis ini pula Nabi memberi tahu, bahwa setiap orang akan selalu ada dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka saat sudah waktunya. Bahkan saat kita tergopoh-gopoh untuk segera menyantap hidangan pun Allah memberikan kita banyak kebaikan. Sungguh banyak sekali pahala yang bisa kita dapat saat berpuasa.

Sudah tahukan berapa banyak kebaikan yang akan kita dapat saat berpuasa? Maka dari itu tunggu apa lagi, ayo puasa dengan sungguh-sungguh. Jangan tergoda hanya dengan warung-warung setengah badan, apalagi tergoda dengan iklan Marjan.

(Farkhan Wildana S./Mediatech)

Home
PSB
Search
Galeri
KONTAK