Terbaru

PASANGAN TERBAIK

By on 7 Maret, 2016 0 32 Views

odoh
ONE DAY ONE HADITH

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA, Bahwa Rasulullah saw bersabda :
خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي
“Manusia terbaik diantara kalian, adalah yang paling baik terhadap keluarganya (istrinya), Dan Aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku (istriKu) diantara kalian semua.. (HR Tirmidzi dengan sanad hasan)

Catatan Alvers

Rasul saw memotivasi kita untuk memberikan perlakuan terbaik kepada pasangan kita. Setiap kita mestilah sadar bahwa tiada manusia yang sempurna begitu pula pasangan kita bahkan diri kita sendiri. Maka janganlah kekurangan pasangan membuat kita tidak memperlakukannya dengan baik justru kewajiban kita adalah menutupi kekurangannya dan membuat pasangan kita nyaman dan menjadi tampak sempurna. Terdapat sebuah kisah hikmah yang terjadi pada penganten baru. Ketika malam pertama dengan istrinya, ia kaget karena mengetahui bahwa kulit istrinya penuh dengan bekas luka panyakit cacar. Namun  Seketika itu juga Ia berkata kepada istrinya : “Wahai istriku ketahuilah, sebenarnya aku telah menderita kebutaan, kedua mataku tidak bisa melihat”. Menyadari bahwa suaminya adalah orang yang buta, sang istri pun percaya diri utk melayani suaminya. Sehingga dia dapat menikmati malam pengantinnya dengan tanpa perasaan malu. Pagi harinya sang pemuda itu memberitahukan kepada semua orang bahwa dia telah buta. 20 tahun kemudian, sang istri meninggal dunia. Sang suami pun dapat melihat seperti sedia kala. Saat ditanya bagaimana ia bisa sembuh dari kebutaannya? Ia menjawab : “Sesungguhnya selama 20 tahun ini, aku hanya berpura-pura buta agar istriku tidak merasa sedih dan malu kepadaku”. Subhanallah! Seperti itulah semestinya suami dan isteri saling menghargai dan saling menutupi kekurangan masing masing. Bukankah suami atau istri itu layaknya pakaian yang dapat menutupi aib dan kekurangan? Allah swt berfirman:
هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسٌ لهن
“Mereka [istri-istri] adalah pakaian bagimu, dan kalian (para suami) adalah pakaian bagi mereka.” [Al-Baqarah: 187] Wallahu A’lam. Semoga setiap kita menjadi orang yang terbaik. Amin…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: