Terbaru

Dalam Rangka Halal BI Halal, Pak Gatot Sowan Pengasuh

By on 16 Juli, 2017 0 20 Views

Dalam Rangka Halal BI Halal, Pak Gatot Sowan Pengasuh

Pojok Pesantren

Hanya dengan sedikit pengawalan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo hadiri undangan Halal Bi Halal Majelis Keluarga Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo Bululawang Malang, Ahad (16/7).

“Kunjungan saya kali ini adalah untuk memenuhi undangan Halal Bi Halal Pondok Pesantren An-Nur 2”, ujarnya.

Tiba sekitar pukul 09.30, rombongan langsung disambut oleh Majelis Keluarga di kediaman Agus Khoiruddin. Hadir pula para petinggi TNI, Wakil Bupati Malang, serta jajaran pejabat lainnya yang lebih dahulu tiba.

Sejenak beristirahat, rombongan langsung diajak menuju aula pondok pesantren tempat dimana acara akan berlangsung. Drumband An-Nur-pun turut menyertai rombongan berjalan menuju lokasi acara. Tidak hanya itu, para santri juga berbaris dari daerah asrama Billah hingga aula pondok pesantren.

Acara dibuka kata sambutan yang langsung disampaikan oleh Dr. KH. Fathul Bari S.S, M.Ag kemudian disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars An-Nur. Dalam orasi ilmianya, Beliau (Jenderal Gatot Nurmantyo) selalu menekankan kaitan antara peran pesantren dengan kemerdekaan Indonesia. “Di awal kemerdekaan, pesantren memiliki 3 divisi untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, para Kyai juga turut serta dalam perumusan teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945. Jadi, jika ada orang yang ngakunya Kyai dan ingin mengganti Pancasila, itu bukan Kyai, itu orang yang dikirim untuk menghancurkan Indonesia”, kata beliau dalam orasi ilmiyahnya.

Setelah itu, Beliau dipersilahkan untuk meresmikan gedung STIKK An-Nur, Laboratorium IPA SMA An-Nur, serta mendapat kehormatan untuk meletakkan batu pertama pembangunan gedung Islamic Center An-Nur 2 yang akan dibangun dengan luas 1.674 meter persegi. Setelah batu pertama beliau letakkan, giliran Wakil Bupati Malang Bapak Sanusi yang kemudian dilanjutkan oleh beliau pengasuh. Prosesi itupun ditutup dengan do’a.

Kemudian, Jenderal Gatot Nurmantyo kembali diajak naik menuju ndalem biru guna melaksanakan Sholat Dhuhur berjama’ah dan Dr. KH. Fathul Bari S.S., M. Ag. sebagai imam. Kunjungan kali ini diakhiri dengan ramah tamah, Jenderal Gatot Nurmantyo kembali mendapat kehormatan untuk memotong tumpeng sebagai bentuk tasyakuran atas peresmian gedung baru dan pembangunan Islamic Center An-Nur 2. Tepat pukul 13.05 rombongan meninggalkan lokasi pondok pesantren.

(Bi’i Ad-Dhakhil-M.FIH)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: