MENYAMBUT BULAN MAULID DI EROPA BERSAMA HIPSI ( Part IV)

​MENYAMBUT BULAN MAULID DI EROPA BERSAMA HIPSI

وعن عبدة بنت خالد، قالت: قلَّما كان خالد يأوي إلى فراشه إلا وهو يذكر شوقه إلى رسول الله -صلى الله عليه وسلم- وإلى أصحابه من المهاجرين والأنصار، ثم يُسَمِّيهم ويقول: هم أصْلي وفصلي، وإليهم يحنُّ قلبي، طالَ شوقي إليهم، فعجِّل ربِّي قبضي إليك، حتى يغلبه النوم وهو في بعض ذلك.

Diceritakan oleh A’bdah , jarang sekali Kholid pergi ke tempat tidurnya kecuali dia selalu menyatakan kerinduannya kepada Rasul SAW , kepada para sahabat muhajirin & anshor kemudian menyebutkan namanya sambil berkata : aku sebangsa dengan mereka dan aku termasuk bagian dari mereka pula, hanya kepada mereka hatiku rindu, panjang sekali rinduku kepada mereka.

Kemudian karena rindunya kepada Rasul SAW dia berdo’a : ” segeralah wahai Tuhanku engkau cabut nyawaku “. Sampai dia ketiduran dalam keadaan rindu dan berharap diambil oleh Allah swt agar bisa berkumpul dengan Nabi saw.
Begitulah kecintaan Sahabat kepada Nabi besar Muhammad SAW, oleh karena itulah mereka disebut sebaik-baik Qurun/masa terbaik zaman yang pernah ada di bumi ini. Semoga kita meskipun tidak bertemu beliau akan tetapi dikaruniai oleh Allah kecintaan, sepeerti kecintaan para sahabat Radliallohu anhum wa rodhu anhu.
Rute rombongan Tour Asia – Afrika – Eropa bersama HIPSI ( Himpunan Pengusaha Indonesia)  juga menyempatkan ke Al Jazair, sebuah negara jajahan prancis ( karena wilayahnya yang memang  berdekatan) ternyata  jauh-jauh hari pada  abad pertama Hijriyah sahabat Nabi yang bernama Uqba bin Nafi telah menaklukann wilayah tersebut dengan membawa 10.000 pasukan. Uqba bin Nafi’ seorang panglima yang  mampu menguasai wilayah luas Afrika Utara . Wilayah yang berhasil ia taklukkan meliputi Aljazair, Tunisia, Libya, dan Maroko hingga ke pantai Atlantik. Sebuah perjuangan yang tidak sia-sia, untuk meninggikan Kalimatulloh hiyal Ulya. Dan kini beliau tidur tenang untuk selama-lamanya di tempat bernama Siydi Uqbah  Biskra  al -Jazaer.
Jika ingin melihat sepak terjang beliau, panglima yang tak pernah mengalami kekalahan dan sang penakluk afrika bisa dilihat di;

https://ar.m.wikipedia.org/wiki/عقبة_بن_نافع
http://catatan-sijacky.blogspot.co.id/2015/06/uqbah-bin-nafi-sang-penakluk-afrika.html?m=1
RodliyaAllohu anhum wa ardhohu.

Semoga keridhoan Allah mengalir terus kepadanya, dan juga kepada kita.
Salam Takdzim

Ahmad Zain Bad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: