Kunjungan SD Islam Tompokersan Lumajang

Sebanyak 107 siswa dan guru SD Islam Tompokersan Lumajang berkesempatan berkunjung di Pondok Pesantren Wisata An-Nur II “Al-Murtadlo” Bululawang Malang, Selasa 09 Januari 2018. Mereka terdiri dari 95 siswa kelas 6 dan 12 orang guru. Maksud dari kunjungannya kali ini adalah untuk bersilaturahmi dan mengenalkan lembaga pesantren kepada para siswa.

 

“Ini adalah program baru di sekolah kami agar para siswa lebih mengenal pesantren dan mereka mau mondok. Semoga kedepanya program ini bisa berjalan dengan lebih baik lagi dan kami dapat bekerja sama dengan pesantren An-Nur II ini”, ujar Ustadz Heri Surendro, Ketua Rombongan.

 

Tepat setelah adzan Dhuhur berkumandang, rombongan datang dengan menggunakan dua buah bus dan langsung disambut dan diajak berkeliling mengitari lingkungan pondok pesantren. Pertama-tama mereka melewati Taman Qurrotul U’yun, dilanjut dengan menuju SMA An-Nur, daerah Billah, SMP An-Nur, pondok putri, dan finish di masjid pesantren dengan menunaikan Sholat Dhuhur.

 

Setelah itu mereka berkumpul di dalam masjid pesantren guna mengikuti pengenalan profil pesantren. Ustadz Nur Kholis, M.Pd.I. selaku Kepala SMP An-Nur mewakili pengasuh pondok pesantren, Dr. KH. Fathul Bari dalam mengenalkan Pondok Pesantren Wisata An-Nur II “Al-Murtadlo” yang berhalangan hadir . “PP An-Nur II Al-Murtadlo didirikan oleh Almghfurlah KH . M. Badruddin Anwar Al-Husaini pada tahun 1979. Di awal pendiriannya pesantren ini hanya memiliki 9 santri, namun saat ini, di tahun 2018 pesantren ini telah memiliki santri sebanyak 6000 santri”, ujar beliau.

 

Terangnya lagi, An-Nur II dari tahun ke tahun terus berkembang untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul. Terbukti dari banyaknya insatansi pendidikan, dan pemerintahan yang sering berkunjung ke sini, seperti Depag Maluku yang baru saja berkunjung ke sini.

 

Menyikapi hal tersebut, pihak pondok pesantren terus berbenah untuk tetap menjadikan pesantren yang unggul. Di tahun 2018 ini, pesantren memiliki proyek untuk menjadikan Pondok Pesantren An-Nur II sebagai pesantren wisata.

 

“Akan ada berbagai wahana edukasi nantinya, seperti Miniatur Rumah Nabi SAW, Taman Qur’ani, Taman Madu, Out Bond, Berkuda, Terapi Ikan, dll. Semua itu akan kami usahakan dalam bulan Januari dan Februari ini. Rencananya, Ir. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia pada Bulan Maret nanti akan berkunjung kemari”, imbuhnya yang juga menjabat sebagai Ketua Program Pesantren Wisata An-Nur II.

 

Dalam kesempatan itu, turut hadir pula Ibu Nyai Hj. Badi’atussholihah yang menemani rombongan Ibu Yuni Rochmulyani, S. Pd., Kepala SD Islam Tompokersan Lumajang. Selain itu, beberapa santri juga mendemonstrasikan hasil belajarnya selama ini. Seperti ekstrakulikuler Pagar Nusa SMP An-Nur asuhan Gus. M. Yahya, Muhadatsah, dan Baca Kitab yang dibawakan oleh santri kelas 2 SMP Kelas Al-Badar, kelas unggulan An-Nur II.

 

“Semoga dengan kunjugan kali ini bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap pesantren. Sehingga mereka mau mondok dan harapan para orang tua untuk menjadikan putra putri mereka menjadi anak sholeh, sholehah terwujud”, ujar Ustadz Heri.

Pewarta: Robby Bagus

Copyeditor : Izzul Haq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: