Ketika Berjemaah Tak Lagi Sunah

berjemaah, Pondok Pesantren Wisata An-Nur II Al Murtadlo

Kayaknya sulit deh kalau disuruh tidak berjemaah.

Sebagai salah satu umat Nabi Akhir Zaman yang memiliki beberapa keistimewaan, tentunya kita lazim mengenal salah satu sunah yang melegenda ini. Apalagi kalau bukan salat berjemaah. Sunah yang menurut khalayak ramai paling gampang dilakukan. Tinggal berangkat ke masjid dan ikut gerakan imam, beres. Tidak perlu syarat-syarat ribet lainnya. Pun dijamin dengan pahala 27 derajat dibanding salat sendirian. Kurang menggiurkan apa coba?

Sayangnya, ada beberapa orang yang masih malas melaksanakan sunah yang satu ini. Alasannya pasti ada saja. Masjid kejauhan, malas jalan kaki, kepingin salat di rumah saja, dan alasan-alasan yang terkesan dibuat-buat lainnya.

Perlu diketahui, meski hukum berjemaah adalah sunah, ini adalah salah satu sunah Nabi yang terbaik. Bahkan sampai ada pendapat ulama yang mewajibkannya. Jika sampai ada beberapa ulama yang mengatakan hal seperti itu, bukankah hal itu berangkat dari betapa istimewanya salat berjemaah ini. Apalagi sudah diiming-imingi dengan pahala yang begitu banyaknya. Hmm, eman sekali.

Uzur Salat Berjemaah

Lagi pula, jika memang terpaksa salat sendirian, ada beberapa uzur yang terpenuhi terlebih dahulu. Bahkan uzur-uzur ini bisa menghilangkan hukum kewajiban berjemaah di salat Jumat. Tidak percaya? Mari langsung saja kita bahas apa saja uzur jemaah versi Fathul Muin karya Imam Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari.

Hujan Deras yang Bisa Sampai Membasahi Pakaian

Uzur berjemaah yang pertama ialah turun hujan yang deras. Saking derasnya, sampai-sampai pakaian pasti akan basah kuyup jika memaksa untuk pergi jemaah ke masjid. Sebab tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid dengan kondisi seperti itu, maka salat berjemaah pun tidak lagi disunahkan. Akan tetapi, kalau bisa, salat berjemaah tetap dilakukan di rumah.

Jalanan yang Berlumpur

Selanjutnya adalah jalanan yang berlumpur. Sehingga menyulitkan berjalan di atasnya dan rawan tergelincir atau terjerembab. Karena akan menyulitkan orang-orang yang akan pergi jemaah, jalanan yang berlumpur menjadi salah satu uzur tidak disunahkannya jemaah.

Cuaca yang Sangat Panas atau Dingin

Cuaca ekstrim seperti panas atau dingin yang sangat bisa membuat seseorang merasa malas keluar dari rumahnya. Bahkan, cuaca yang seperti itu bisa menjadi salah satu penyebab penyebaran penyakit dan rawan terjadi bencana alam. Sehingga, cuaca panas atau dingin yang sangat bisa menjadi salah satu uzur berjemaah.

Gelap Gulita di Malam Hari

Pernah mencoba berjalan di tengah kegelapan saat malam hari tanpa adanya penerangan. Tentunya kita akan merasa kesulitan berjalan. Selain rawan tersandung, menabrak sesuatu, atau bahkan tersesat, kondisi yang gelap gulita juga menjadi salah satu uzur.

Itulah beberapa uzur salat berjemaah yang berhasil kami rangkum kali ini. Tentunya itu bukan menjadi alasan untuk tidak berjemaah. Apalagi sampai menjadi alasan untuk tidak salat. Itu adalah menjadi pengingat betapa murahnya agama ini dalam menyesuaikan kondisi para pemeluknya sehingga tidak merasa berat untuk melaksanakan ajarannya.

(Nabil Abdullah A/STIKK)

Home
PSB
Search
Galeri
KONTAK
%d blogger menyukai ini: