Terbaru

KEMATIAN MENDADAK

By on 7 Maret, 2016 0 2 Views

odoh
ONE DAY ONE HADITH

Diriwayatkan secara marfu’ dari Anas bin Malik RA, Rasulullah saw bersabda:

إِنَّ مِنْ أَمَارَاتِ السَّاعَةِ . . . أَنْ يَظْهَرَ مَوْتُ الْفُجْأَةِ
“Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya hari kiamat adalah  . . . maraknya kematian mendadak.” (HR. Thabrani )

Catatan Alvers

Acapkali kita mendengar kematian yang begitu mendadak dan mengagetkan dari keluarga dan rekan. Orang yang sebelumnya sehat bugar, tiba-tiba ia mati mendadak dengan berbagai macam sebab seperti kecelakaan dan serangan jantung yang mana menurut laporan penelitian, bahwa penyakit jantung menempati urutan pertama yang banyak menyebabkan kematian pada saat ini.

Kematian mendadak ini bukanlah hal baru, karena sejak masa nabi saw sudah ada fenomena demikian. Diriwayatkan bahwa :

كُنَّا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَتَاهُ رَجُلٌ ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ ، مَاتَ فُلانٌ ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَلَيْسَ مَرَّ بِنَا آنِفًا ” ؟ قَالُوا : بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ ، مَاتَ فَجْأَةً

Dahulu kami berada di sisi Nabi saw. Maka seorang laki-laki mendatanginya kemudian berkata: Si Fulan telah meninggal. Nabi saw bersabda: “Bukankah dia baru saja melewati kami” Mereka menjawab: benar wahai Rasulallah. Dia mati mendadak. (HR Ibnu Hibban)

Imam Bukhari dalam shahihnya membuat sebuah bab, بَاب مَوْتِ الْفَجْأَةِ الْبَغْتَةِ “Bab kematian yang datang tiba-tiba”. Kemudian beliau menyebutkan hadits Sa’ad bin ‘Ubadah yang mana ibunya telah meninggal dunia secara mendadak dan belum sempat merealisasikan rencananya untuk bersedekah. Ibnu Hajar berkata, “Sungguh ajaib, bahwa kematian mendadak ini juga menimpa imam Bukhari sendiri.” (Hadyus Saari Muqaddimah Fathul Bari)

Pernah suatu saat sayyidah Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah saw mengenai kematian mendadak. Lalu beliau menjawab,

رَاحَةٌ لِلْمُؤْمِنِ وَأَخْذَةُ أَسَفٍ لِفَاجِرٍ
“Itu merupakan kenikmatan bagi seorang mukmin dan merupakan bencana bagi orang-orang jahat.” (HR. Ahmad)

Kematian mendadak meskipun pada hakikatnya tidak ada yang mendadak di dunia ini karena semua yang terjadi telah direncanakan Allah swt, mengingatkan kepada kita bahwa hari kiamat dan kematian akan segera tiba dan akan terasa mendadak bagi orang orang yang lalai. Maka yang terpenting buat kita bukan mengetahui kapan hari kiamat itu, kapan kematian tiba namun bagaimanakah kita mempersiapkan diri menghadapinya. Anas bin Malik RA, ia mengatakan, ketika aku dan Nabi saw keluar dari masjid, kami menemui seseorang di gerbang masjid dan ia bertanya; wahai Rasulullah, kapan hari kiamat tiba? ‘ maka Nabi saw menjawab;

مَا أَعْدَدْتَ لَهَا ؟
‘apa yang telah kau persiapkan? [HR Bukhari] Wallahu A’lam, mohon doa fatihah atas wafat mendadaknya istri dr sepupu kami alm. Ning Hj thoifatul M. Mudah2an Allah mengampuni dosa dan menerima semua amal ibadahnya. Amin.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: