Karomah, Belasan Ribu Jamaah Hadir Demi Seorang

Para Masyayikh dan jajaran pengasuh pada malam puncak haul pertama kiai Badruddin.

Malam bukan lagi tanda sepi tanpa suara, ketika puncak peringatan Haul ke-1 Almaghfurlah KH. Badruddin Anwar terlaksana, Sabtu, (17/02) yang memenuhi area sekitar pesarean tepat pada halaman masjid yang beberapa minggu kemarin telah diperluas.

 

Puncak peringatan Haul ini dikemas semeriah mungkin. Bagaimana tidak, ribuan hadirin yang berkenan hadir, mengisi tempat-tempat kosong yang disediakan hingga meluber ke bawah. Seluruhnya dengan cuma-cuma hadir tak lain karena berharap serpih barokah dari beliau, Pendiri dan Pengasuh Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo. Para jamaah yang hadir adalah Masyayikh undangan, perwakilan Polres Kabupaten, jajaran alumni, wali santri, dan masyarakat sekitar.

 

Sebuah keistimewaan tersendiri, jika bukan sebab karomah wali, tidak mungkin peringatan Haul satu orang saja, dihadiri oleh ribuan orang. Selain karena beliau Almarhum gemar silaturrahmi, sebagaimana kata Habib Hamid (Malang), juga dalam diri beliau tersimpan kelebihan yang siapapun dapat merasakan efeknya.

 

Teramat banyak tanggapan kepada sosok beliau, utamanya dari pihak alumni. “Kyai itu orangnya mudah membaur, maksudnya beradaptasi dengan masyarakat. Jika duduk dengan pedagang maka beliau berwatak pedagang. Jika bersama tani maka yang dibincangkan adalah pertanian. Begitu pula dalam bidang keilmuan” Komentar Ustadz Ro’i, alumni sekaligus Dewan Penasehat SMA AN-NUR Bululawang Malang.

 

“Di dunia ini hanya orang plihan yang semirip beliau, jika ditaksir mungkin berkisar 1: 100 Ribu. Berarti jika penduduk bumi sekarang 6 Miliyar maka sosok seperti beliau hanya 6 Juta orang. Pada Seluruh aspek manapun beliau mampu hidup di dalamnya, mampu menyesuaikan kepada siapapun. Itulah yang membuat kita sulit menebak siapa sebenarnya beliau.” Imbuh Drs. Ro’i.

 

(elham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: