24 September, 2018
  • 24 September, 2018

JANGAN MENYERAH

By on 5 Oktober, 2016 0 66 Views

JANGAN MENYERAH

HIKAM ZAIN
*Jangan pernah putus asa. Dzat yang menciptakan barang mati bisa menjadi hidup, dan yang yang hidup bisa dijadikan mati , apa lagi cuma menjadikan impianmu sebagai kenyataan.*

– Quote –

Sebuah kalimat yang begitu indah, bahwa dalam kehidupan, kita tidak melulu berpangku tangan pada pikiran perencaaan dan sepekulasi. Karena disana ada Dzat yang merancangnya jauh lebih indah, jauh sebelum makhluknya diciptakan 10.000 tahun yang lalu. Manusia hanya diberi ikhtiyar memilih mana yang baik dan mana yang jelek, mana jalan menuju ke sorganya dan mana jalan yang menjerumuskan kepada adzabnya. Karena kita tidak tahu akan apa yang akan terjadi besok, maka Kanjeng Nabi memberikan wejangan, ketika di tanya oleh sahabat Imron RA:

 عَنْ عِمْرَانَ قَالَ
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فِيمَا يَعْمَلُ الْعَامِلُونَ قَالَ كُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ.  رواه البخاري

Dari Imran ia berkata, “Aku bertanya, ‘Lalu untuk apa orang-orang beramal? ‘ Beliau menjawab: ‘Setiap orang akan dimudahkan (menuju jalan) penciptaannya’.”

Ya, setiap orang akan dimudahkan menuju jalan penciptaannya, jika kita “ahlunnar” ( wal iyadzubillah) maka akan senang dan bangga jika melakukan maksiat, begitu juga sebaliknya jika kita senang beribadah dan sambil *harap-harap cemas* ibadahnya diterima maka insyaAllah dengan rahmatnya  digolongkan menjadi “ Ahlul Jannah”.

Kembali kepada pembahasan, bahwa dalam hidup jangan pernah putus asa, menyesal, yang perlu disesali itu hanya dosa yang pernah kita lakukan, penyesalan itupun harus disertai dengan amal sholih, dan berazam tidak akan mengulanginya lagi. Begitu dawuh teduh Romo Kyai Bad.

Dzat yang menciptakan langit dan bumi tanpa pondasi saja berkuasa membuatnya, apalagi cuma mewujudkan impianmu. Itupula dawuh Kyai Bad sewaktu saya masih kecil dahulu dihadapan para santri yang masih sekitar 250 an.

Kalimat yang *sangar* dan memotivasi, *bahwa menjadi santri harus kokoh, kuat, mempunyai tekad, dan tentunya “kudu kuat silo”.*  Begitu lanjutan dawuhnya.
Roda kehidupan memang selalu berputar ada kalanya dibawah ada kalanya juga di atas, oleh karenanya jangan jumawa ketika diatas dan jangan merasa terhina jika dibawah, bisa saja itu adalah sebuah cambuk  untuk menjadikanmu lebih giat lagi untuk beribadah.
Para motivator ternama berkata; Jika anda tidak pernah gagal disaat muda, maka anda sangat rentan akan gagal di usia tua, jadikan kegagalan sebagai benteng untuk memperkuat diri.

Wallohul Musta’an.
Salam Takdzim

Zain Bad

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: