Menuju Islamic Center An-Nur 2

Keinginan Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo Bululawang Malang untuk memiliki Islamic Center  akan segera terwujud. Beberapa waktu yang lalu , bertepatan dengan acara Halal Bi Halal bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (16/7), pembangunan Islamic Center tersebut dimulai. Pembangunan tersebut diawali dengan peletakkan batu pertama oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Wakil Bupati Malang Bpk. Sanusi, dan pengasuh pondok pesantren Dr. KH. Fathul Bari, S. S., M. Ag.

annur2.net

Rencananya,  bangunan ini akan dibangun di atas tanah seluas 1.674 meter persegi dan diproyeksikan dapat menampung sekitar 3000 jamaah. Mengenai masalah bentuk bangunan, Islamic Center ini rencananya akan dibangun sesuai  dengan bentuk bintang seperti yang ada pada pagar maqbarah Almaghfurlah  Romo KH. M. Badruddin Anwar.

“Untuk masalah bentuk bangunan, pengasuh menginginkan bangunan ini berbentuk bintang seperti yang ada pada pagar maqbarah Almaghfurlah  Romo KH. M. Badruddin Anwar. Mengenai nilai filosofi, saya tidak begitu memahaminnya”, ujar Ust. Tachliful Ghoza, sang arsitektur bangunan.

Nantinya, bangunan ini akan memiliki 2 lantai dan sebuah basecamp untuk parkir. Di lantai pertama akan dibangun beberapa kantor pelayanan, sebuah perpustakaan dan mihrab pengimaman. Sedangkan di lantai 2, hanya ruang kosong yang diberi void (ruang kosong yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah). Jadi, bangunan ini bukan masjid, tapi sebuah Islamic Center yang dapat menjadi pusat berbagai macam kegiatan keagamaan.

Diperkirakan, pembangunan Islamic Center ini akan menghabiskan dana sekitar 14 Milyar dan bakal rampung pada tahun 2020.

(Bi’i Ad-Dakhil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: