Haul Virtual Al-Maghfurlah KH. Badruddin Anwar di Tengah Pandemi

Haul Virtual Al-Maghfurlah KH. Badruddin Anwar di Tengah Pandemi

Sebuah persiapan yang panjang pun telah berada di puncaknya. Kala itu Rabu malam 6 Januari 2021, panitia Haul ke-4 Al-Maghfurlah Kiai Badruddin Anwar mengadakan rapat yang ke empat kalinya. Rapat kali itu membahas tentang kesiapan setiap seksi pada acara haul.

Rapat pertama haul tersebut dilaksanakan di kediaman Ustaz Haji Syahrowi pada Selasa, 1 Desember 2021. Hanya dalam waktu satu bulan mereka dapat mempersiapkan acara itu dengan matang, “Untuk kali ini insya Allah sudah sempurna tinggal detail-detail kecilnya saja,” ujar Pak Syaichu Rohman, selaku sekretaris pada acara haul.

Menjelang acara haul yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2021, ada beberapa rentetan acara yang turut memeriahkan acara tersebut. Acara pertama adalah Pengajian Rutin Ahad Legi (Internal) yang dilaksanakan bersamaan dengan Majelis Selawat Riyadlul Jannah.

Karena seluruh acara rentetan hingga acara inti diadakan secara internal, hanya sekitar 25 orang dari majelis selawat tersebut lah yang ikut pada pegajian Ahad legi, 10 Januari 2021 mendatang. Seluruh rentetan acara hingga acara haul rencananya akan diadakan di pelataran masjid Podok Pesatren An-Nur II “Al-Murtadlo” (Pesantren Wisata) hingga area makam Kiai Badruddin.

Selain Riyadlul Jannah, jemaah hufaz dari JANTIKO MANTAB juga akan mengisi rentetan tersebut pada pagi, senin 11 Januari 2021. Tidak usai begitu saja, setelah magrib akan diadakan pula pembacaan doa Zikrul Ghafilin oleh Ag. H. Ferry Husnul Ma`ab. Dan disusul oleh pengajian yang di bawa oleh Gus Sabuth Panoto Projo.  

Untuk hari Selasa 12 Januari 2021 akan ada penutupan tahlil empat puluh. Acara penutupan tahlil tersebut dipimpin oleh Kiai Damhuji yang akan dilaksanakan di Maqbarah Kiai Badruddin.

Pada pagi hari pukul 06:00 WIB, 13 Januari 2021 para santri Hafiz Al-Qur’an Pondok Pesantren An-Nur II akan melaksanakan khatmil Al-Quran bil ghoib sampai pukul 16:30 WIB. Pada malam harinya, seluruh rentetan acara akan disempurnakan dengan acara haul yang dilaksanakan di Maqbarah Kiai Badruddin. K.H. Abdul Rahman Al-Kautsar dari Ploso juga akan memeriahkan acara haul tersebut dengan mengisi ceramah.

Haul yang akan dilaksanakan beberapa hari mendatang akan memiliki perbedaan dengan haul-haul sebelumnya. Bapak H. Hanafi S.P., M.Pd.I. selaku ketua pelaksanaan haul tersebut berkata bahwasanya, haul pada tahun ini memiliki perbedaan dengan haul pada tahun sebelumnya. Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada jumlah tamu undangan yang dapat menghadiri acara tersebut.

“Haul kali ini memang dikhususkan hanya untuk santri. Alumni dan wali santri tidak diperkenankan untuk masuk,” ujar Bapak Hanafi, “Semua itu karena menaati peraturan pemerintah untuk mencegah tersebarnya virus corona,” imbuh beliau. Selain bapak hanafi, Dr. KH. Fathul Bari, S. S., M. Ag. juga mengatakan hal serupa pada video undangan haul virtual di kanal Youtube An-Nur 2 Malang Official.

(Ryan Winawan/Mediatech An-Nur II) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: