Dua Hari Diturunkannya Alquran

Dua Hari Diturunkannya Alquran

Satu-satunya mukjizat Nabi Muhammad SAW yang sampai saat ini bisa kita rasakan adalah Alquran. Inilah mukjizat terbesar yang diberikan oleh Allah sebagai bukti nyata atas kenabian Nabi Muhammad dan pedoman bagi seluruh umat muslim.

Allah menurunkan Alquran sebanyak dua kali. Yang pertama, turunnya Alquran dari Lauh Mahfudz ke langit dunia. Dan yang kedua, turunnya Alquran dari langit dunia ke pada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

Turunnya Alquran ini ke langit dunia, terjadi saat bulan Ramadhan. Malam turunnya dikenal dengan Lailatul qadr. Seperti yang tertera dalam firman Allah berikut.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadar.” (Q.S. Al-Qadr: 1).

Sedang turunnya Alquran ke pada Nabi, juga terjadi di bulan Ramadan, tepatnya pada 17 Ramadan. Hari diturunkannya Alquran ke pada Nabi untuk pertama kalinya tersebut, disebut dengan nuzulu Al-Quran. Dan ayat yang turun pertama kali, juga menandakan wahyu yang pertama kali turun ke pada Nabi Muhammad. Allah berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ …

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)….” (Q.S. Al-Baqarah: 185).

Malaikat yang menyampaikan wahyu tersebut adalah malaikat Jibril, yang dalam Alquran disebut Ar-Ruh. Disebutkan dalam Alquran:

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

“Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (Q.S. Al-Qadr: 4).

Redaksi/annur2.net

Baca juga  Malam Puncak Mengenang “Sang Purnama”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: