Terbaru

DOA DULU, BARU USAHA !

By on 5 Desember, 2016 0 43 Views

DOA DULU, BARU USAHA
Quote :

اعمل لآخرتك يكفِك الله أمر دنياك
Beramallah untuk akhirat maka Allah akan mencukupkan urusan duniamu.

~ Imam Sufyan As Sauri.
Ada satu makna yang tiba-tiba melekat begitu dalam. Jika kebahagiaan sulit saya gapai karena begitu jauhnya, kenapa tidak membangun magnet dalam jiwa supaya kebahagiaan itu yang datang sendiri mendekat ?
Kita menafsirkan kebahagiaan berdasarkan nafsu, sehingga kita tertutup dari apa yang dibutuhkan jiwa. Kita begitu sombongnya merasa bahwa rencana kita sempurna, tapi Tuhan– karena sayangNya- menggagalkan semua apa yang kita rencanakan.
Berdasarkan pemikiran itulah saya mencoba rekonstruksi semua bangunan pemikiran yang ada selama ini, yaitu berusaha lalu berdoa. Saya membaliknya menjadi berdoa, lalu berusaha. Karena dengan berdoa terlebih dahulu, berarti saya meminta pertolongan dan bimbingan Tuhan, sehingga usaha kita tidak lagi berdasarkan nafsu belaka. Dan salah satu doa yang paling efektif ternyata ada disaat malam hari, saat kita mencurahkan segala kelemahan kita. Shalat malam adalah hal terberat yang bisa kita lakukan, tetapi efektif dalam membangun magnet untuk mengundang elemen-elemen kebahagiaan. Ayah saya sering menasehati tentang pentingnya sholat malam ; ” sholato wengi senajan mung 2 rokaat “.

Semoga masalahku, masalahmu, masalah kita, terangkat sebab doa yang dipanjatkan di malam hari.
Dan semoga bangsa ini dipimpin oleh orang orang muslim yang adil, dan menjadi negara baldatun toyyibatu wa robbun ghofur.

Salam Takdzim

Ahmad Zain Bad.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: