22 Mei, 2018
  • 22 Mei, 2018

BAGAIMANA MENJADI ORANG KERAMAT ?

By on 6 Oktober, 2016 0 0 Views

Bagaimana Menjadi Orang Keramat?

HIKAM ZAIN
Orang keramat hidupnya akan selalu membawa kenangan, dan kehidupannya akan tetap membawa inspirasi, sekalipun jasad sudah terkubur dibumi.

Seperti Mbah Kyai Anwar, Mbah Jazuli Ploso, Mbah Kholil Nawawi Sidogiri, Mbah Hamid Pasuruan, Mbah Kyai Mustofa Lekok dll.
Mereka hidupnya tetap menginspirasi banyak orang. Malahan orang-orang mati justru bisa membukakan lahan perkerjaan bagi  yang masih hidup dari pada orang yang masih hidup sendiri. Sebagai contoh adalah, ketika dimakam-makam yang dianggap keramat, sebelum adanya jenazah, kampung terasa sepi, dan ketika sudah dikuburkan jasad mulia tersebut justru banyak penjual-penjual berdatangan untuk mengais rizki lewat datangnya peziarah.

Saya rasa jalan untuk menjadi keramat yaitu mengaji, mengaji dan menulis. Entahlah, jalan menuju kepada Allah memang banyak sekali, sebanyak butiran debu dipadang pasir. Selagi tidak keluar dari koridor syariat, monggolah, terserah. Tapi yang saya yakini hingga saat ini, seperti keyakinan dari pada guru-guru saya, bahwa mengaji dan menulislah yang akan menaikkan derajat seseorang.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Semoga hidup yang kita jalani tidak sia-sia. Hidup yang cuma tidak sampai 1 abad ini sangat bermanfaat dan memberikan sebanyak-banyak manfaat.
Nb : Jangan dimaknai keramat seperti Kanjeng Ndoso ya ?

Heheheh

Wallohul Musta’an

Zain Bad

AnNur II Bululawang Malang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.