Terbaru

Syukur Tambah Mujur, potensi syukur

By on 10 Oktober, 2014 0 287 Views

alhamdulillah*Buletin jum’at Al-Murtadlo

Terima  kasih, ungkapan itu sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Terima kasih adalah ucapan respect ketika kita mendapatkan sesuatu yang baik dari orang lain.Tapi tahukah anda , di balik kata sesederhana itu tersimpan potensi untuk meraih  profit (untung) yang lebih besar.

 

Dan Islam selalu menganjurkan kita agar selalu berterima kasih (bersyukur)  atas apa yang telah di berikan kepada kita. Dalam hal ini  Alloh menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang melakukannya dan menjadikannya sebagai nikmat dan karunia serta sebagai penjaga atas nikmat yang di berikan.

Di dalam Al Quran di sebutkan;

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ (ابراهيم: 7 )7)            

Artinya;

“Bersyukurlah kalian maka aku akan menambah nikmat ku kepada kalian dan janganlah kalian kufur atas nikmat yang telah aku berikan, sesungguhnya adzabKU amatlah pedih”. (QS. Ibrahim ;7)

 

Ayat diatas menjelasakn bahwa  betapa besar nya potensi bersyukur sehingga Alloh akan menambah nikmat bagi  mereka yang senantiasa bersykur kepada Nya, dan sebaliknya adzab yang pedih akan datang ketika mereka kufur atas nikmat yang di berikan kepada mereka.

 

Pada hakekatsyukurnya, sejak kita lahir di dunia ini, Alloh telah melimpahkan  nikmat yang tak terhitung kepada kita. Tidur ,bernafas ,makan, minum ,berjalan, melihat, mendengar, berbicara, dan masih banyak yang lain , itu semua adalah nikmat yang Alloh berikan, bahkan bersin pun adalah sebuah nikmat dari Nya.

 

Dan kita sebagai umat islam sudah seharusnya untuk terus menjaga rasa syukur yang sudah kita miliki. Oleh karena itu , kita perlu mengetahui cara bersyukur kepada Alloh  dan bagaimana merealisasikan rasa syukur itu sendiri.

Menurut Al-Quran ,ada tiga  perkara dimana kita bisa merealisasikannya

 

Hati, senantiasa mengakui dan menyakini bahwa segala nikmat yang di peroleh itu berasal dari Alloh semata, kita harus yakin bahwa apapun yang kita peroleh baik hal yang kita senangi atau pun tidak itu semua adalah nikmat, hati yang mantap akan  memposisikan Alloh sebagai satu satu nya dzat yang memberikan nikmat kepada kita.

 

Lisan, senantiasa mengucapkan kalimat ……..الحمد لله sebagai bentuk pujian terhadap nikmat Alloh. Inilah yang sudah menjadi kebiasaan  ummat islam dan menjadi dzikir ketika para muslim mendapatkan nikmat.

Perbuatan, menjalan kan perintah Alloh dan tidak bermaksiat dengan badan maupun pikiran, menshodaqohkan sebagian harta, ini menjadi bukti bahwa kita mensyukuri nikmat.

 

Masih banyak dari kita yang mengeluh hanya karna tidak bisa membeli gelang atau perhiasan lainya , padahal kita punya sesuatu yang lebih mahal dari perhiasan itu sendiri yaitu anggota badan yang lengkap, apa gunannya  gelang 24 karat jika tidak punya tangan, apa bagusnya anting berlian jika tidak punya telinga.

 

Ada sebuah cerita dimana ada dua sahabat yang hidup di zaman Rosululloh S.A.W, yang satu seorang yang (A)kaya dan yang satu lagi adalah seorang yang(B) miskin.

 

Ketika itu si pemuda miskin datang menghadap Rosul untuk meminta amalan supaya dirinya bisa cepat kaya, maka Rosululloh bersabada “Perbanyaklah bersyukur” lalu si pemuda miskin tersebut menjawab “Ya Rosululloh, bagaimana saya bisa bersyukur sementara saya tak punya apa apa”  kemudian si pemuda miskin tadi pulang kerumah nya.

 

Tak lama kemudian datanglah si pemuda kaya , dia meminta amalan kepada Rosul supaya di jadikan miskin, maka Rosululloh bersabda “berhentilah bersyukur” lalu pemuda kaya tersebut menjawab “ bagaimana saya bisa berhenti bersyukur , sedangkan nikmat yang Alloh berikan kepadaku begitu banyak” kemudian si pemuda kaya pulang kerumahnya.

 

Selang beberapa tahun kemudian terdengar berita bahwa pemuda miskin tetap miskin dan si  pemuda kaya bertambah kaya raya.

 

Nah,ini adalah sebagian kecil contoh para shahabat yang merealisasikan bersyukur atas nikmat yang di berikan oleh Alloh , dan janji Alloh terbukti bahwa berterima kasih (bersyukur) akan menjaga bahkan menambah nikmat yang di berikan oleh Alloh S.W.T kepada kita, karna begitu banyak nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita akan tetapi kita tidak merasa akan keberadaan nikmat tersebut atau mungkin kita tidak merasa karna begitu banyaknya  nikmat Allah yang telah kita rasakan selama ini.

thank's

 

Mudah- mudahan kita semua termasuk hamba Allah yang senantiasa bersyukur kepada nya atas segala nikmat yang telah ia berikan kepada kita.

 

…..والله اعلم

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: