Serangkaian Peringatan Harlah ke-40 Pondok Pesantren An-Nur II Dibuka!

Serangkaian Peringatan Harlah ke-40 Pondok Pesantren An-Nur II Dibuka!

“Bersama-sama membaca Bismillah untuk mengawali serangkaian acara harlah ini”

Ujar Dr. KH. Fathul Bari sebelum memukul gong pembukaan. Secara serentak, seluruh santri Pondok Pesantren An-Nur II yang hadir, membaca basmalah. ”Bismillahirrahmanirahim.”

Lalu gong dipukul tiga kali. Bersamaan dengan itu, serangkaian acara Harlah Ke-40 Pondok Pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” resmi dibuka. Pembukaan ini diadakan pada acara Olimpiade dan Seni Ma’Had An-Nur 2 (OSMANA) Internal di pelataran Masjid An-Nur II, Kamis, 22 Agustus 2019.

OSMANA Internal merupakan ajang perlombaan olimpiade kitab kuning dan seni. Sama-sama bernama OSMANA, OSMANA Internal berbeda dengan OSMANA 4 yang akan digelar sehari menjelang malam puncak perayaan harlah, Ahad, 25 Agustus 2019.

Seperti namanya, OSMANA Internal diperuntukkan kalangan santri An-Nur II. Sedang OSMANA 4, merupakan ajang perlombaan umum tingkat Jawa Timur.

Ada 4 perlombaan yang dipertandingkan: Khitobah, Musabaqah Qiraat Al-Kutub, Quotes Board, dan Stund Up Komedi. Dari masing-masing cabang lomba, telah terpilih calon juara 1 dan 2 yang akan tampil di panggung. Sedang babak penyisihan, sudah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya.

OSMANA Internal menjadi acara pembuka serangkaian peringatan harlah ini. Mulai hari ini, Jumat, 23 Agustus 2019, sejumlah stan bazar mulai dibuka. Berbagai produk makanan, minuman, dan pakaian dari brand-brand ternama akan membuka stannya di lapangan barat sampai tanggal 26 mendatang.

Setelah itu, OSMANA 4, ajang perlombaan tingkat Jawa Timur, akan digelar pada Ahad, 25 Agustus mendatang. Cabang lomba yang akan diperlombakan meliputi Festival Al-Banjari, Dai Cilik, Kaligrafi Konteporer dan Musabaqah Qiraat Al-Kutub.

Dan peringatan hari lahir ini akan ditutup pada malam puncak Peringatan Harlah Ke-40 Pondok Pesantren An-Nur II, Senin, 26 Agustus. Pada peringatan tersebut, akan dihadiri Syekh Fadhil Al-Jailani, cucu ke-22 Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Dan ini akan menjadi kunjungan ke-4 beliau ke pesantren di Malang ini.

Sedang pada siang harinya, di hari yang sama, Kol. Inf. Zainuddin, Danrem Baladhika Jaya, diagendakan juga akan hadir. “Beliau (Kol. Inf. Zainuddin) menyampaikan akan ke An-Nur II hari senin depan untuk bersilaturahmi dan memberikan materi wawasan kebangsaan untuk para santri,” ujar Kasiter Mayor Inf. Anton Prasetyo.

Sejumlah tokoh telah menyampaikan ucapan selamat untuk ulang tahun pesantren yang berdiri tahun 1979 ini. Salah satunya adalah penulis buku Peradaban Sarung dan pendiri Sekolah Tinggi Filsafat Al-Farobi, KH. Achmad Dhofir Zuhri, meberikan ucapan selamat, begitu pula Habib Hamid Mauladawilah. “Selamat ulang tahun Pondok Pesantren An-Nur II yang ke-40, semoga bisa terus menjadi mercusuar keilmuan,” ucap KH. Dhofir. “Semoga An-Nur II dapat lebih memajukan apa yang sekarang sudah ada, Insyaallah Allah akan membantu,” harap Habib Hamid.

ketua tanfiziyah PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar juga mengucapkan selamat dan menyisipkan harapan untuk An-Nur II kedepannya. “Kami berharap An-Nur bisa terus mempersiapkan para santrinya menghadapi tantangan global,” doa beliau.

(MFIH/Mediatech An-Nur II)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: