Terbaru

MUHASABAH AKHIR TAHUN

By on 29 Oktober, 2014 0 1 Views

*oleh: KH.DR. Fathul Bari SS,Mag

Alvers, Tidak terasa umur kita bertambah satu tahun lagi. Itu berarti jatah hidup kita ber kurang dan semakin mendekatkan kita kepada rumah masa depan, kuburan. Pelajaran yang terbaik dari perjalanan waktu ini adalah menyadari sekaligus meng introspeksi sepak terjang kita selama ini. Kita punya lima hari yang harus kita isi dengan amal baik.

Hari pertama, yaitu masa lalu yang telah kita lewati apakah sudah kita isi dengan hal-hal yang dapat memperoleh ridho Allah?

Hari kedua, yaitu hari yang sedang kita alami sekarang ini, harus kita gunkan untuk yang bermanfaat baik dunia maupun akhirat.
Hari ketiga, hari yang akan datang, kita tidak tahu apakah itu milik kita atau bukan.

Hari keempat, yaitu hari kita ditarik oleh malaikat pencabut nyawa menyudahi kehidupan yang fana ini, Alvers, apakah kita sudah siap dengan amal kita?

Hari kelima, yaitu hari perhitungan yang tiada arti lagi nilai amal, apakah kita mendapatkan rapor yang baik, dimana tempatnya surga, atau mendapat rapor dengan tangan kiri kita, yang menunjukan nilai buruk tempatnya di neraka. Pada saat itu tidak ada lagi arti penyesalan. Alvers, Segeralah Kembali pada Allah!!

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: