Terbaru

Membumikan Angka 17, Ribuan Santri Gelar Upacara dengan Sarungan

By on 21 Agustus, 2015 0 112 Views
MALANGTIMES – Ribuan santri di Pondok Pesantren An Nur 2 Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, menggelar upacara HUT Ke 70 RI, di halaman pondok setempat. Peserta upacara menggunakan sarung.Suasana upacara terlihat khidmat. Pengibaran bendera dilakukan layaknya upacara pada umumnya. Hal ini rutin dilakukan oleh pesantren An Nur 2.

Menurut keterangan pengasuh Pesantren An Nur 2, KH Fathul Bari, upaya digelar untuk membumikan apa yang dilakukan Presiden pertama RI Soekarno.

“Pesan saya kepada santri,
Bung karno memilih proklamasi tanggal 17, karena keyakinan beliau bahwa angka 17 itu adalah angka yang suci,” katanya.

Dalam angka 17 jelasnya, menunjukkan bahwa shalat 17 rakaat dan turunnya Al Quran juga tanggal 17. Maka kata pria yang karib dipanggil Gus Fathul itu, bahwa 17 Agustus mengingatkan akan 17 rakaat.

“Maka di pondok ini upacara diselenggarakan dengan memakai sarung yg notabene adalah pakaian shalat untuk mengingatkan kembali bahwa perayaan kemerdekaan janganlah sampai melalaikan shalat, katanya.

Selama ini tambah Gus Fathul, ketika tiap kali perayaan kemerdekaan RI, banyak orang dengan sengaja yang meninggalkan shalat yang 17 rakaat.

“Semoga dengan upacara ini, para santri dan masyarakat pada umumnya, mampu membumikan apa yang di isyaratkan oleh Bung Karno melalui angka 17,” harapnya. (*)

Sumber :

http://m.malangtimes.com/baca/3123/20150817/121803/membumikan-angka-17-ribuan-santri-gelar-upacara-dengan-sarungan/

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: