Terbaru

GERAKAN SANTRI INDONESIA MENULIS

By on 19 Maret, 2017 0 19 Views

GERAKAN SANTRI INDONESIA MENULIS.

Oleh : Ahmad Zain Bad

7 MANFAAT MENULIS.
1. Hidup menjadi abadi.

hidup yang singkat seakan-akan menjadi abadi. Karena tulisannya selalu ada meski jasad telah  dikubur bumi.
2. Dengan menulis akan memperbanyak bacaan, dan dengan banyak membaca akan tahu kehidupan sejarah orang-orang terdahulu.
3. Kemanfaatanya langgeng, selagi banyak orang terinspirasi terhadap tulisan kita, sebanyak itu pula kita mendapatkan pahala.

الدال على الخير كفاعله

Yang menunjukkan kebaikan seperti halnya orang yang berbuat.
4. Media dakwah yang sangat bermanfaat.

Tulisan adalah salah satu media dakwah yang sangat bermanfaat dan daya sebarnya sangat luas, terlebih di zaman berteknologi canggih seperti sekarang ini. Kita bisa menulis sebuah ilmu, dan sesaat itu pula tulisan kita bisa dibaca dan terambil faidahnya oleh mereka yang tinggal jauh di benua lain.
5. Instrumen perekam jejak sejarah.

Menulis adalah satu dari sekian banyak instrumen perekam jejak sejarah, dan wasilah ini yang paling banyak tersebar dan mudah di dapat, kita mengenal kehidupan para nabi, ulama salaf, orang-orang besar, asal usul suatu negeri, dan yang lainnya adalah lewat tulisan.
6. Menolak Pikun.

Menulis erat sekali kaitannya dengan kerja otak. Sebagaimana tubuh membutuhkan olahraga, dan hati butuh ibadah, otak juga butuh olahraga. Dan olahraga otak dengan melatihnya terus berfikir positif.

Bagaimana agar otak tetap berfikir positif, diantaranya dengan membiasakan menulis, mengungkapkan apa yang terpikirkan lewat tulisan, dengan kebiasan inilah otak terus bekerja, terlebih jika menulis sebuah tulisan ilmiah, otak akan lebih bekerja lagi dalam mengumpulkan beragam referensi untuk menjadi sebuah tulisan.

Jika terus demikian. Maka otak tidak akan pikun nantinya, tidak menjadi pelupa di saat tua, karena ibarat pedang, semakin sering diasah dan digunakan, ia semakin baik dan tajam.
7. Menulis akan menghasilkan ide-ide baru.

Dengan menulis seseorang akan berfikir dan terus berusaha mengembangakan pemahamannya dan kemampuan dirinya. motivasi inilah yang akan mendobrak dirinya menemukan ide-ide baru, karena di saat ia terjun dalam dunia tulis menulis, dirinya terus tertantang membuat gebrakan baru untuk menelurkan ide-ide dan gagasan teranyarnya.
Ayo hidupkan lagi karya tulis di pesantren.

Salam Takdzim

Ahmad Zain Bad.

annur2.net

Facebook.com/annur2malang

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: