Terbaru

Dalam Isra’, Nabi Muhammad Imamnya Para Nabi

By on 14 April, 2018 0 21 Views

Setelah melewati beberapa tempat bersejarah dan singgah untuk sholat dua rakaat, Nabi memulai perjalanannya hingga sampai di Baitul Maqdis (Palestina). Beliau masuk lewat pintu gerbang Al-Yamani (kanan). Lantas Nabi turun dari Buroq dan mengikat Buroq tersebut di dekat Masjidil Aqsho. Di mana tempat itu adalah tempat yang dahulu pernah dijadikan oleh para Nabi untuk mengikat Buroqnya.

Menurut salah satu riwayat, malaikat Jibril mendekati sebuah batu yang sangat besar. Batu tersebut kemudian dilubangi oleh Jibril. Dan Buroq pun akhirnya diikat di batu tersebut. Lantas Nabi masuk ke dalam Masjidil Aqsho melalui pintu yang dicondongi matahari dan rembulan ketika baru terbit. Selanjutnya Nabi mengerjakan shalat dua rakaat berjamaah dengan Malikat Jibril.

Datangnya Para Nabi

Tidak lama kemudian, berkumpullah para nabi. Nabi SAW melihat dan memperhatikan para nabi tersebut, sebagian ada yang masih berdiri, ada yang ruku’, ada pula yang sujud. Lantas salah satu dari mereka ada yang beradzan dan dilanjutkan iqomah.

Para nabi itu berdiri dan berbaris semuanya hingga menjadi beberapa shaf. Semuanya menunggu siapa yang akan menjadi imam shalat jamaah saat itu. Kemudian Jibril memegang tangan Nabi Muhammad dan menariknya ke depan untuk menjadi imam. Selanjutnya Nabi Muhammad pun menjadi imam dari para nabi untuk mengerjakan shalat dua rakaat.

Menurut riwayat Imam Ka’ab, “Malaikat Jibril yang beradzan. Lantas seluruh malaikat pun berbondong-bondong turun dari langit. Dan Allah SWT mengumpulkan seluruh nabi dan rasul. Selanjutnya Nabi SAW menjadi imam shalat dari seluruh malaikat, nabi, dan rasul.”

Kalam Nabi Kepada Para Rasul

Setelah salam, Jibril bertanya , “Wahai Muhammad! Tahukah kamu, siapa orang-orang yang shalat di belakangmu tadi?”   Nabi berkata , “Saya tidak tahu!” Jibril menimpali, “Semuanya tadi, adalah para nabi dan rasul yang diutus oleh Allah SWT.”

Lantas para nabi dan rasul tersebut saling memuji Allah dengan puji-pujian yang indah. Kemudian Nabi berkata, “Kamu sekalian saling memuji-muji kepada Tuhanmu. Dan saya juga akan memuja dan memuji-muji kepada Tuhan saya.”

Selanjutnya Nabi bergegas mengucapkan puji-pujian, “Segala puji itu hanya milik Allah. Dzat yang telah mengutusku sebagai rahmat bagi seluruh alam. Dan kepada manusia dengan memberi kebahagiaan surga bagi orang yang patuh-taat. Dan menakut-nakuti dengan neraka bagi orang yang durhaka. Dan Allah SWT telah menurunkan Al-Quran kepadaku yang di dalamnya itu terdapat keterangan-keterangan tentang seluruh hal. Dan telah menjadikan umatku lebih bagus dari seluruh umat terdahulu. Yang dilahirkan untuk manusia yang lain. Dan telah dijadikan umatku menjadi umat yang “tengah-tengah-sedengan-dan pilihan.””

Antara Arak dan Susu

Nabi Ibrahim AS berkata , “Sebab perkataan Nabi tersebut, Nabi Muhammad dimuliakan Allah SWT melebihi kemuliaan seluruh nabi dan rasul.” Dan saat itu, Nabi merasakan rasa haus. Jibril kemudian datang dengan membawa segelas arak dan segelas susu. Nabi pun memilih susu.

Jibril berkata , “Baginda Rasul telah memilih fitrah agama islam. Seumpama Baginda Rasul memilih arak, sudah dapat dipastikan bahwa umat Baginda Rasul akan banyak yang bersifat durhaka dan tidak ada yang menaatinya, kecuali hanya sedikit saja.”

Menurut riwayat lain , “Sesungguhnya gelas yang telah dihidangkan itu ada tiga , adapun gelas yang nomor tiga tersebut berisi air putih. Jibril berkata , Seumpama Baginda Rasul tadi meminum air putih, sudah barang tentu umat Baginda Rasul akan mati tenggelam dalam kemaksiatan.

Menurut riwayat lain , “Sesungguhnya gelas yang telah dihidangkan itu ada tiga , adapun gelas yang nomor tiga tersebut berisi air putih. Jibril berkata , Seumpama Baginda Rasul tadi meminum air putih, sudah barang tentu umat Baginda Rasul akan mati tenggelam dalam kemaksiatan.

Dalam riwayat lain juga dijelaskan , “Gelas yang nomor tiga tersebut adalah madu yang merupakan pengganti dari air putih.”
Disadur dari kitab Dardir Miraj

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: