Yuk Ngaji Online!

Yuk Ngaji Online!

Mengaji merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Tetapi, bagi orang-orang yang sudah bekerja, terlebih berkeluarga, untuk mengikuti kegiatan tersebut seringkali terkendala dengan urusan waktu yang sangat minim. Namun, di era yang serba modern ini, hal itu dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, Pondok Pesantren An-Nur 2 menyediakan konten ngaji online yang dapat diakses di  Fans Page PP. An Nur 2 Al Murtadlo

Kemudahan ini membuat kita tidak perlu repot untuk mengaksesnya, cukup dengan membawa handphone, pengajian ini dapat kita ikuti di mana saja dan kapan saja. Baik secara langsung (Live) maupun tidak langsung. Jadi, kita tidak perlu khawatir terlambat untuk mengikuti pengajian yang ada.

Kalau ingin menyaksikan pengajian ini secara Live, kita dapat menyimak pengajian ini setiap pagi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Pada hari Ahad, Senin, dan Rabu netizen dapat menyimak pengajian Ihya’ ‘Ulumuddin yang langsung dikaji oleh beliau Dr. KH. Fathul Bari M. Ag. pada pukul 06.20 WIB. Sebelumnya, kita juga dapat mengikuti pengajian Tafsir Jalalain secara live bersama para santri yang juga dikaji oleh Kyai Fathul setelah dilaksanakannya sholat subuh, setiap harinya kecuali pada hari jum’at.

Setiap hari kamis, untuk mempelajari tentang adab kita kepada qur’an, kita dapat mengikuti pengajian kitab At-Tibyan Fii Ta’diibi Al-Quran bersama Kyai Zainuddin Badruddin pada pukul 07.00 WIB. Dan supaya kita dapat memahami hadist-hadist, pada pukul 07.00 WIB setiap hari Ahad, Senin, dan Rabu, kita dapat mengikuti pengajian kitab Shohih Bukhori yang disampaikan oleh beliau Kyai Fathul.

Begitu pula pembacaan Burdah pada hari jum’at pagi, setelah dilaksanakannya sholat subuh berjamaah, juga dapat kita saksikan di Fanspage pondok pesantren. Tidak hanya pembacaan Burdah, kegiatan ini dilanjutkan dengan pengajian kitab Muhtarul Hadist. Dalam kitab yang berisi kumpulan hadist-hadist pendek pilihan ini, kita akan mengerti makna dari suatu hadist melalui penuturan Kyai Zainuddin  yang akan menjelaskan 1 hadist setiap jum’atnya.

 

Tidak hanya pengajian kitab rutin, kegiatan kemasyarakatan yang ada  di pondok pesantren seperti Pengajian Ahad Legi, Pasar Waqi’ah, dan Istighotsah Zaadil Maad juga dapat kita simak pada waktu pelaksanaannya.

 

Tim Media Tech An-Nur 2 yang menjadi dalang dibalik penayangan live streaming kegiatan ini juga menyajikan kegiatan-kegiatan para santri, seperti Upacara 17 Agustus, Peringatan Hari Santri Nasional, perlombaan yang ada di pesantren dan berbagai kegiatan santri lainnya.

Dalam pelaksanaannya, mengenai alat yang digunakan, tim media An-Nur 2 menggunakan smartphone untuk pengajian rutin, dan menggunakan beberapa kamera camcorder beserta komputer server untuk acara besar.

Ust. Bika, selaku penanggung jawab serta ketua Media Tech An-Nur 2 berharap dengan adanya live streaming ini dapat bermafaat bagi masyarakat pada umumnya. “Harapan dilaksanakannya Live Streaming ini supaya kegiatan pondok pesantren dapat lebih mudah dinikmati oleh masyarakat lebih luas ataupun mencakup segala golongan” ujarnya.

 

 

Pewarta                       : Kharis Nurdin

Editor/Publisher          : Moch Fajar Izzul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: