Pesantren adalah Pendidikan yang Sebenarnya !!!

Pesantren adalah Pendidikan yang Sebenarnya !!!

Lingkar Pesantren

Rakyat Indonesia tak asing lagi dengan pendidikan pesantren. Pesantren adalah pendidikan yang menekankan moral dan pengetahuan untuk santri-santrinya. Di dalam pondok pesantren, santri-santri diajari untuk berkehidupan mandiri dan bermasyarakat dengan cara hidup mandiri. Namun, hidup mandiri disini bukanlah hidup yang tidak butuh pada orang lain melainkan hidup yang tidak selalu menyusahkan orang tua (orang lain) dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam kegiatan belajar-mengajar dunia pesantren, Kyai mendidik para santrinya supaya mereka mempunyai bekal tidak hanya dengan ilmu saja, melainkan Kyai membekali para santri-santrinya dengan ilmu dan pegangan hidup yang bisa mengantarkan para santrinya berlayar menuju bahtera kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena, untuk mencapai itu semua tidaklah semudah memakan sesuap nasi melainkan banyak ombak yang melawan keinginan kita, sama halnya ketika kita ingin memakan sesuap nasi maka lazim bagi kita untuk mencari cara agar kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Dan setelah kita mendapatkan ilmu baru, maka wajib bagi kita untuk mengamalkan ilmu dan mengajarkan ilmu tersebut. Karena, jika kita sebagai santri tidak melakukan dua hal ini, maka sia-sia ilmu yang susah-payah kita dapatkan. Sebagaimana yang telah kita ketahui dalam nadhom ta’lim yaitu : ان كتمت العلوم انسىت حتى لا ترى غير جاهل و بليد Yang artinya: “jika kamu menyimpan ilmu, maka kamu akan lupa sehingga kamu akan dianggap sebagai orang yang bodoh dan bebal”. Dan karena kita sudah mempunyai dalil untuk ini, sebisanya kita melakukan dua hal diatas sebagai kaifiah mendapat ilmu manfaat dan barokah dalam pendidikan.

Fb : Lingkar Pesantren

IG : @lingkarpesantren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: