Pahlawan Masa Kini

ONE DAY ONE HADITH

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Umar RA bahwasannya seseorang bertanya kepada Rasul SAW tentang orang yang paling disukai Allah SWT dan amalan yang paling disukai-Nya. Lalu Rasul SAW bersabda :

 

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا

Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya. [HR Thabrani]

 

Catatan Alvers

 

Kata pahlawan berasal dari bahasa sansekerta. pahla dan wan. Pahla berarti buah, sedangkan wan bermakna sebutan bagi orangnya (bersangkutan) [Wikipedia]. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia Kata pahlawan didefinisikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Sehingga saya katakan bahwa pahlawan masa kini adalah orang yang berjuang mengorbankan waktu, jiwa dan raganya demi kebaikan dan kemanfaatan orang lain bahkan khalayak ramai. Maka pahlawan seperti ini adalah orang yang paling dicintai Allah sebagaimana dipahami dari hadits di atas.

 

Tidak dipungkiri bahwa kemerdekaan bangsa ini telah diraih atas manfaat dan jasa para pahlawan dalam mengusir para penjajah. Mereka meneteskan keringat, mengalirkan darah bahkan mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan yang kita nikmati sekarang. Namun saat ini, kita masih membutuhkan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih dikarenakan bangsa kita meskipun telah merdeka namun senantiasa diincar oleh bangsa-bangsa lain. Kalau dulu, Bangsa kita menjadi incaran karena kaya akan rempah-rempah bahkan indonesia merupakan salah satu dari negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia . Namun dengan berjalannya waktu, akhirnya bangsa ini diincar bukan lagi karena rempah-rempahnya namun karena ditemukannya minyak bumi yang sangat berlimpah.
Inilah yang disinggung oleh Panglima TNI , Jenderal Gatot Nurmantyo dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) “Setelah 411” dengan istilah Peak oil theory. Ia menyatakan bahwa produksi minyak dunia mulai turun pada tahun 80-an, dan pada akhirnya menyebabkan krisis ekonomi. Indonesia yang kaya Sumber Daya Alam akan jadi rebutan dunia di masa depan. Hal inilah yang tampak seksi di mata dunia (Amerika, China) dan khususnya 5 (lima) negara (Five Power Defence Arrangement (Selandia Baru, Australi, Singapura, dan dua negara lagi) di sekitar Indonesia yang juga pernah bermasalah dengan Indonesia.

 

Sang panglima ingin menyadarkan bahwa bangsa kita ini adalah bangsa yang besar dan kaya. Banyak orang indonesia sendiri tidak menyadari kelebihan bangsa ini, sehingga mereka lebih membanggakan negara lain bahkan negara tetangga. Saya teringat dengan kisah seorang mahasiswa Indonesia di Australia yang bertemu dengan seorang pengusaha asal Singapura, Pengusaha itu berkata : “your country is so rich!” (Negaramu sangat kaya) “Indonesia doesn’t need the world, but the world needs Indonesia,”. “Everything can be found here in Indonesia, you don’t need the world.” (Dunia yang butuh indonesia, bukan sebaliknya) Indonesia adalah paru-paru dunia.Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kacau. Singapura is nothing, we can’t be rich without Indonesia. 500 ribu orang Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke negara kami, apartemen-apartemen kami yang terbaru yang beli adalah orang- orang Indonesia, tidak peduli harga selangit, laku keras. Lihatlah Rumah Sakit kami, isinya Indonesia semua. Trus,kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap kebakaran hutan Indonesia masuk? Sangat terasa,we are nothing! Kalian tau kan kalo kemarin dunia krisis beras.Termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras.

Liatlah negara kalian, air bersih di mana-mana, liatlah negara kami, air bersih pun kami impor dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis, karena pasirnya mengandung permata. Terliat glitter kalo ada matahari bersinar. Penambang jual cuma Rp 3 ribu/kg ke pabrik China, si pabrik jual kembali seharga Rp 30 ribu/kg. Kalian sadar tidak kalau negara-negara lain selalu takut mengembargo Indonesia! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian manjadi mandiri, makanya tidak diembargo. Harusnya kalianlah yang meng-embargo diri kalian sendiri. Belilah pangan dari petani-petani kalian sendiri, belilah tekstil garmen dari pabrik- pabrik sendiri. Tak perlu impor kalau bisa produk sendiri. Jika kalian bisa mandiri dan bisa mengembargo diri sendiri, indonesia will rule the world!! (indonesia akan mengatur dunia).

Ini semua adalah nikmat yang besar yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita. Alhamdulillah namun ingatlah di lain sisi semua ini menjadi ancaman serius untuk bangsa ini. Presiden Soekarno pernah mengingatkan, suatu saat negara-negara di dunia akan iri atas kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peribahasa mengatakan Ada Gula Ada Semut. Bangsa-bangsa lain akan tertarik untuk datang ke indonesia, tempat yang menjanjikan kesejahteraan dan banyak kenikmatan bukan hanya untuk travelling akan tetapi untuk menguasai bangsa ini secara tidak langsung. Rasul SAW bersabda :

فَإِنَّ كُلَّ ذِي نِعْمَةٍ مَحْسُودٌ

karena sesungguhnya setiap orang yang mendapat nikmat akan terdapat orang yang mendengkinya” [HR Thabrani]

 

Selanjutnya panglima mencontohkan usaha-usaha bangsa lain untuk menguasai bangsa ini diantaranya dengan cara perang candu. Hari ini, 2 juta atau 5% penduduk Indonesia telah positif terkena Narkoba, dan BNN hingga hari ini belum berhasil menembus Malaysia sebagai lokasi transit Narkoba yang dijaga militer. Cara inilah yang digunakan tiongkok untuk memisahkan Hongkong dan Taiwan dalam sejarah.

 

Alvers, Panglima juga menyebutkan bahwa ada pihak-pihak luar yang ingin Indonesia tidak bersatu dengan cara memunculkan konflik antar sesama bangsa sendiri. Cara ini seperti yang dilakukan penjajah dahulu, devide at impera (politik pecah belah). Maka jagalah kesatuan negara ini dari konflik antar sesama anak bangsa supaya bangsa kita tetap jaya dan merdeka. Dan bersyukurlah, umat Muslim Indonesia menjadi benteng terakhir bangsa ini dalam menjaga persatuan dan kesatuan bagsa dengan slogan Islam rahmatan lil alamin.

 

Hari ini adalah peringatan hari pahlawan, jadilah setiap kita pahlawan yang berjuang dalam memberikan kemanfaatan baik berupa moril maupun materiel untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Jadilah setiap kita pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dalam kesatuan seluruh rakyat indonesia. Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk mensyukuri nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada bangsa ini dengan memelihara nikmat kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kerukunan antar seluruh elemen bangsa indonesia tercinta ini.

Salam Satu Hadith,

DR.H.Fathul Bari, Malang, Ind

ONE DAY ONE HADITH

On WhatsApp Group

Gabung ALVERS#2 Klik :

https://chat.whatsapp.com/1eIP9uoGhBT87VkPQKc9M1

http://annur2.net/category/mimbar-pengasuh/one-day-one-hadist/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: