Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

Lingkar Pesantren

Sudah tidak asing lagi, dan menjadi kebiasaan saat bulan suci tiba menghampiri. Tapi kebiasaan itulah yang kebanyakan diinkari atau malah dicueki. Mungkin anda tahu apa gambaran sekilas tentang kebiasaan ini. Betul itulah dia terlelap saat kunjungnya malam lailatul qadar.

Banyak orang yang mengatakan dalil tentangnya, dan lebih banyak lagi yang berdakwah untuk menegakkannya, karena satu ibadah di dalamnya bernilai ribuan ibadah di selainnya. Slogan yang paling tenar yaitu slogan bahwa malam lailatul qadar itu lebih baik dari pada malam sebanyak seribu bulan. Alquran telah menyebutkan bahwa itu nyata adanya sebagaina anjuran nabi untuk i’tikaf agar ia mendapati malam satu ini.

Mugkin mayoritas orang skeptis lebih-lebih masyarakat awam tentang kapan sih malam lailatul qadar itu? Dan apa tanda-tandanya?

Dalam kitab “Quutulhabibilgharib” atau tausyikhnya Imam Nawawie Al-Jawi di sebutkan, bahwa malam lailatul qadar bisa di prediksi saat malam itu suhu udara sedang, tidak panas juga tidak dingin, suasan hening bukan terlalu sepi atau ramai, dan pada paginya matahari muncul dengan sinar putih bercabang-cabang dan itu hanya nampak saat matahari naik kiranya satu tombak, juga pada saat itu tidak ada gonggongan anjing. Uniknya lagi pada malam itu para ibu kafir tidak ada yang melahirkan anaknya.

Fb : Lingkar Pesantren

IG : @lingkarpesantren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: