JANGAN UCAPKAN “SEANDAINYA”

odohONE DAY ONE HADITH
Kajian ini diasuh Oleh DR.H.Fathul Bari,M.Ag
telegram.me/alvers
Baik, kajian kita hari ini adalah sabda Rasul saw berikut

وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا، وَلَكِنْ قُلْ قَدَّرَ اللهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ
Artinya: Apabila menimpamu sesuatu yang buruk, maka janganlah kau mengatakan: kalau seandainya aku berbuat begini atau begitu, tapi katakanlah: QODDAROLLOH WA MA SYA’A FA’AL (Allah telah menakdirkan dan melakukan apa yang Ia kehendaki. (HR.Muslim)

Catatan Alvers

Hadits diatas melarang kita untuk berkata seandainya berkaitan dengan kejadian yang telah lalu karena hal itu tidaklah mengubah apapun dalam hidup kita malahan kita akan tenggelam dalam kesedihan. janganlah berlama-lama menyesali apa yg sdh terjadi. Berhusnudzonlah kpd Allah dan yakinlah engkau telah diberi yg terbaik. Terkadang kado yg indah itu dibungkus rapat-rapat dan berlapis-lapis. Ingatlah firman Allah swt. dlm Surah al-Baqarah ayat 216 :

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu , padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”.

Ada sebuah kejadian berkenaan dg pesawat terbang di Saudi Arabia yaitu penerbangan Riyadh-Jeddah. Penumpang yang akan menaiki pesawat terbang tersebut adalah lebih dari 300 penumpang. Salah satu pria yang akan menaiki pesawat tersebut pada saat itu sedang menunggu di ruang keberangkatan, namun ketika itu dia tertidur. Kemudian diumumkan bahwa pesawat sebentar lagi akan berangkat. Ketika pria yang tertidur itu terbangun, ternyata pintu pesawat telah tertutup kemudian pesawat pun lepas landas. Akhirnya, pria tadi sangat sedih karena ketinggalan pesawat. Kenapa dia bisa ketinggalan pesawat? Namun, Allah memiliki ketetapan yaitu di tengah perjalanan ternyata pesawat tersebut mengalami kecelakaan. Subhanallah, laki-laki tersebut ternyat yang selamat. Awalnya dia sedih dan tidak suka karena ketinggalan pesawat. Namun ternyata hal itu baik baginya.

Maka jika kita tertimpa sesuatu yang tidak kita inginkan segeralah ucapkan :
QODDAROLLOH WA MA SYA’A FA’AL (Allah telah menakdirkan dan melakukan apa yang Ia kehendaki) bukankah
Rasulullah saw bersabda :
كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ
“Allah telah menulis takdir seluruh alam lima puluh ribu tahun sebelum diciptakan langit dan bumi”(HR Muslim )

Wallahu A’lam. Mari bangkit dari masalah tuk jadikan maslahah. semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: