Kreatifitas Santri An-Nur 2

Kreatif, Santri An-Nur 2 Unjuk Kreatifitas di Ajang Semarak Hari Santri

 

Hari santri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh santri di Indonesia. Berbagai acara dan perlombaan pun digelar guna merayakannya. Tak lepas dari itu, dilaksanakannya kegiatan Lomba Semarak Hari Santri Nasional 2017 di Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo. Acara ini diadakan oleh pengurus ekstrakulikuler Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Nur 2.

 

Lomba yang dilaksanakan pada Hari Jumat(20/10) itu, diikuti oleh ratusan santri An-Nur 2 dari delegasi setiap asrama. Meskipun sederhana, acara berlangsung meriah. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mencangkup 4 cabang perlombaan. Yaitu, lomba cipta lagu islami, lomba miniatur bangunan pondok pesantren, lomba karya tulis, dan lomba menggambar.

 

Pada cabang perlombaan cipta lagu islami, tiap asrama wajib mengirimkan delegasinya minimal satu tim. Pada perlombaan ini, para peserta membuat sendiri lagu dari nada yang mereka buat atau mengaransemen nada lagu yang sudah ada. Selain itu, para peserta juga boleh menggunakan alat musik apapun sesuka mereka. Tentunya, dengan syarat tidak keluar dari batas kesantrian. Alhasil, masing-masing pesertapun menujukkan keunikannya masing-masing. Alat dan kostum yang mereka gunakan seadanya, seperti gayung, kaleng, dan botol. Agar kreatifitas santri dapat dinikmati oleh santri lain dan wali santri yang hadir, lomba ini dilaksanakan di depan Wisma Tamu Asrama Billah.

 

Pada cabang perlombaan ini, Ust. Irfan selaku ketua panitia lomba cipta lagu islami menegaskan bahwa lomba ini bukan hanya untuk perlombaan semata, namun pada dasarnya lomba ini bertujuan untuk melatih kreatifitas santri dalam hal kekreatifan di bidang musik. Bahkan, kedepannya beliau juga berencana akan membuat album musik religi dari hasil perlombaan ini. “Perlombaan yang diikuti oleh 23 peserta ini, rencananya akan diadakan setiap tahun dan target tahun depan, An-Nur 2 sudah memiliki album musik religi sendiri” Ujar beliau.

 

Sedangkan di cabang lomba menggambar, pada hari yang sama, puluhan santri berpartisipasi dalam lomba ini. Lomba yang dilaksanakan di area Gazebo ini ketuai oleh Al Rafif Diffa, santri kelas 6 Diniyah. Para santri dibebaskan untuk menggambar apa saja yang menjadi bidangnya. Seperti menggambar komik, poster, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Selain sebagai ajang kreatifitas santri, rencananya pemenang lomba menggambar ini juga akan menjadi calon delegasi santri An-Nur 2 dalam ajang menggambar di tingkat yang lebih tinggi.

 

Di cabang perlombaan miniatur, para santri menyelesaikan kreasinya di asrama masing-masing, sejak diumumkannya perlombaan ini. Masing-masing peserta mengumpulkan hasil karyanya  terakhir pada hari ini, Sabtu (21/10). Lomba ini merupakan lomba yang pertama kalinya di Hari Santri. Tidak lain, perlombaan ini dilaksanakan untuk mengasah bakat santri di bidang keterampilan. Yang nantinya, santri-santri terpilih dapat didelegasikan untuk mengikuti perlombaan miniatur ataupun mading 3D di luar pesantren.

 

Begitu pula di cabang lomba karya tulis. Sebanyak puluhan karya tulis telah terkumpul pada hari Jum’at (20/10). Seperti halnya lomba menggambar, para santri bebas menentukan karya tulisnya. Bisa berupa opini, puisi, cerpen maupun artikel. dari banyaknya karya yang terkumpul menunjukan besarnya antusias santri dalam menulis. Tidak hanya santri pada umumnya, perlombaan ini juga diikuti oleh Komunitas Santri Menulis Lingkar Pesantren dan anggota Jurnalistik Club, dimana keduanya adalah grup menulis santri An-Nur 2.

 

Dari seluruh cabang perlombaan, akan diambil 3 terbaik dan akan diumukan besok, 22 Oktober 2017. Tepat pada pelaksanaan hari santri. Harapannya, perlombaan ini tidak hanya sebagai perlombaan saja. Tetapi, kedepannya dapat meningkatkan bakat santri di bidangnya.

 

Pewarta               : Kharis Nurdin, Ilham Romadhon

Editor                  : Moch Fajar Izzul Haq

Pubisher              : Moch Fajar Izzul Haq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: