Festival Nyate Santri An-Nur2

Festival Nyate Santri An-Nur2

 

Perayaan Idhul Adha belum berakhir, di hari tasyriq pertama ini, para santri An-Nur 2 mengadakan festival nyate yang diikuti oleh seluruh santri tingkat SMA di lapangan parkir barat, Sabtu malam (02/09).

 

Selepas sholat Isya’ berjama’ah, para santri berbondong-bondong menuju lapangan barat dengan membawa potongan daging kambing yang akan dijadikan sate. Di atas batu bata yang telah dipersiapkan pada sore harinya, para santri memanggang satenya bersama-sama. Selain membakar sate, mereka juga sesakali bertukar sate, merasakan sate buatan temanya, dan disinilah nuansa kebersamaan ala pesantren terlihat.

 

“Yang seru itu, kita bisa nyate sama-sama, bisa saling kerja sama dengan teman dan kita bisa berkumpul dengan teman dari asrama lain”, ujar Habibullah, santri kelas 2 SMA.

 

Acara yang bertajuk “Festival Nyate Santri” ini diprakarsai oleh Kyai Zainuddin Badruddin yang juga turut nyate bersama para santri. Ini adalah pertama kalinya, dimana pada tahun-tahun sebelumnya acara nyate hasil kurban dilaksanakan di asrama masing-masing. Dibuka dengan petasan, acara berlangsung meriah.

 

“Langsung dari Kyai Zainuddin, beliau bilang pada saya bagaimana jika diadakan acara Festival Nyate Santri”, ujar Ust. Muhyiddin Farkhi, selaku panitia pada kegiatan ini.

 

Lain santri SMA, lain pula santri SMP yang juga nyate di asrama masing-masing. Tidak kalah ramai dengan kakak kelasnya, para santri SMP menyantap hasil nyatenya itu di depan kamar. Bagi santri kelas 1 SMP, ini adalah momen bakar sate yang pertama kalinya. Dan adanya acara bakar sate ini membuat santri-santri baru lebih betah berada di pondok pesantren.

 

(M.F/ElH/Bi’i)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: