ALLAHUMMA ROHINGYA

*ONE DAY ONE HADITH*

Diriwayatkan dari Utsman RA : Ketika aku sedang berjalan bersama Rasulullah saw. di daerah al-Bath-ha’. tiba-tiba terlihat Ammar dan kedua orang tuanya sedang disiksa di bawah terik matahari agar mereka mau keluar dari agama Islam. Ayah Ammar berkata, “Wahai Rasulullah! Apakah aku akan melewatkan sepanjang masa dengan begini?” Rasulullah saw. menjawab,
صبراً يا آل ياسر. اللَّهمَّ إغفر لآل ياسر
“Bersabarlah wahai keluarga Yasir! Yaa Allah, ampunilah keluarga Yasir dan sesungguhnya Engkau telah mengampuni mereka.” [HR Ahmad]

_Catatan Alvers_

Siapakah rohingya itu? Rohingya adalah sebuah kelompok etnis Indo-Arya dari Rakhine (juga dikenal sebagai Arakan) yang terletak di barat daya wilayah Myanmar (Burma), berbatasan dengan Teluk Benggala dan wilayah Bangladesh. Myanmar sendiri adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara yang juga merupakan anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Myanmar terdiri lebih dari 140 suku yang mana suku mayoritasnya adalah Bamar/Birma. Suku ini adalah suku kasta pertama dan memegang pemerintahan. Oleh karena itu, dulu nama wilayah ini adalah Burma kemudian berganti Mynamar. Penggantian ini dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989 dengan tujuan agar etnis non-Birma merasa menjadi bagian dari negara tersebut.

Jumlah penduduk Myanmar ditaksir sekitar 50 juta orang. 15% dari jumlah tersebut adalah muslim yang mayoritasnya adalah orang-orang Arakan. 70% dari penduduk Arakan adalah muslim. Islam tiba di wilayah Arakan sejak masa Daulah Abbasiyah tepatnya periode Khalifah Harun al-Rasyid. Kaum muslimin tiba di wilayah tersebut melalui jalur perdagangan. Dengan cara damai. Bukan peperangan apalagi penjajahan. [Situs kisahmuslim com]
Karena umat Islam semakin banyak dan terkonsentrasi di suatu wilayah, jadilah ia sebuah kerajaan Islam yang berdiri sendiri. Kerajaan tersebut berlangsung selama 3,5 abad. Dan dipimpin oleh 48 raja. Yaitu antara tahun 1430 – 1784 M. Banyak peninggalan-peninggalan umat Islam yang terwarisi di wilayah tersebut. Ada masjid-masjid dan madrasah-madrasah. Di antara masjid yang paling terkenal adalah Masjid Badr di Arakan dan Masjid Sindi Khan yang dibangun tahun 1430 M.

Pada tahun 1784 M, Arakan diserang oleh raja Budha dari suku Birma yang bernama Bodawpaya (masa pemerintahan 1782-1819 M). Sejak saat itu bencana umat Islam Arakan pun dimulai. Peninggalan-peninggalan Islam, masjid dan madrasah, dihancurkan. Para ulama dan da’i dibunuh. Keadaan tersebut terus berlangsung selama 40 tahun. Sampai akhirnya berhenti dengan kedatangan penjajah Inggris pada tahun 1824 M.

Tahun 1942 M, bencana besar menimpa kaum muslimin Rohingya. Orang-orang Budha Magh membantai mereka hingga mencapai lebih dari 100.000 muslim. Sebagian besar mereka adalah wanita, orang tua, dan anak-anak. Ratusan ribu lainnya melarikan diri dari Burma karena ketakutan dan trauma.

Pada tanggal 4 Januari 1948, Inggris memerdekakan Burma secara penuh disertai persyaratan masing-masing suku bisa memerdekakan diri dari Burma apabila mereka menginginkannya. Namun suku Birma ingin tetap menguasai wilayah Arakan dan merekapun melanjutkan intimidasi terhadap kaum muslimin.
Intimidasi ini berlangsung hingga kini. Pemuka agama Budha, Biksu Ashin Wirathu (L: 1968) melancarkan kampanye provokatif yang menyulut pembantaian, padahal dalam teorinya agama Budha mengajarkan kedamaian dan kasih sayang? Pria pencetus gerakan anti-Islam 969 itu berdalih, muslim Rohingnya adalah anjing gila.

Hal itu disebutkan Wirathu dalam khutbah yang diliput media internasional. Ia bekata : “Anda bisa berikan kebaikan dan rasa kasih, tetapi Anda tidak bisa tidur di samping anjing gila (Muslim Rohingya)” seperti dikutip The New York Times (2013).

Selain melalui pidato, gerakan 969 juga menyebar dengan cepat melalui stiker, brosur dan sebagainya. Kebencian dan anti-Islam meluas dengan cepat, berbuah pembantaian dan pengusiran Muslim Rohingya. Ribuan muslim Rohingya dilaporkan terbunuh dalam pembantaian selama beberapa tahun terakhir. Sisanya bertahan hi

dup dengan keterbatasan dan ketertindasan. Ratusan orang mencoba pergi menyelamatkan diri, hingga sampai ke Aceh, Turki, dan Arab Saudi.

Melihat foto dan video yang tersebar di medsos, kaum muslim rohingya ada yang dipukuli dengan senjata, ditelanjangi di muka umum, disiksa, digorok, bahkan dibakar hidup-hidup. Berat rasanya dan tidak tega, hampir-hampir dada saya sesak menyaksikan tragedi tersebut. Kenapa dunia enggan berbicara membela mereka. Tidak ada lagi atas nama kemanusiaan untuk mereka. Tidak pula ada belas kasihan. Apakah karena mereka muslim? Kenapa juga kaum budha di sana tidak digelari super teroris?

Saya hanya bisa berdo’a dan mengajak alvers dan pembaca semua untuk berdoa semoga Allah memberikan kesabaran dan meringankan beban kaum muslimin rohingya. Mudah-mudahan mereka semua mendapat surga layaknya janji Rasul SAW kepada keluarga yasir. Saat melewati Ammar, ayahnya, Yasir dan ibunya, Sumayyah (binti muslim bin lakhm) yang sedang disiksa oleh bani makhzum karena keimanan mereka kepada Allah. Rasulullah saw. bersabda kepada mereka :
صبراً يا آل ياسر، صبراً يا آل ياسر؛ فإنَّ موعدكم الجنة.
“Bersabarlah kalian wahai ahli keluarga Yasir, Bersabarlah kalian wahai ahli keluarga Yasir, karena sesungguhnya yang dijanjikan untuk kalian adalah surga.” [HR Al-Hakim]

Mengenai Ending keluarga yasir dikisahkan oleh Al-Kandahlawi “Abu Jahal telah menombak kemaluan Sumayyah (ibunda ammar) hingga tewas. Dan ia menjadi orang yang pertama syahid dalam Islam. Yasir sendiri juga tewas akibat disiksa. Sementara anaknya, Abdullah bin Yasir telah dipanah hingga gugur”. [Hayatus Shahabat] maka sebagaimana keluarga yasir tewas mati syahid maka sebagaimana itu pula mudah-mudahan kaum muslimin rohingya.

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk berempati dan memanjatkan doa semoga Kaum muslimin rohingya segera diberi pertolongan oleh Allah swt. Semoga para penguasa terketuk hati untuk segera menyelamatkan mereka dan menegakkan hukum keadilan di tanah rohingya.

Salam Satu Hadith,
DR.H.Fathul Bari Bin Badruddin
Ayo Mondok di
Http://annur2.net

Umrah Maulid
ZIARAH RASUL VIII
23 Nopember 2017 :: 13 Hari, Lebih Lama Mekkah :: 2 X Jumatan :: Pesawat Saudia Langsung Madinah :: Fasilitas Lounge Bandara :: Hotel bintang 4 jarak dekat :: Bersama Dr.H.Fathul Bari Badruddin & Keluarga besar PP ANNUR 2 Malang

Temukan artikel di atas dalam
BUKU ONE DAY ONE HADITH
ONE DAY#1 Indahnya Hidup Bersama Rasul ﷺ ISBN : 9786027404434
ONE DAY#2 Motivasi Bahagia Dari Rasul ﷺ ISBN : 9786026037909
ONE DAY#3 Taman Indah Musthafa ﷺ ISBN : 9786026037923
OPEN BOOKING BUKU ONE DAY#4 Tadabbur Aktual
Distributor : Muadz 08121674-2626

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: