Setan Panggung

Setan Panggung

Lingkar Pesantren

Rata-rata bagi pemula, atau bahkan yang ahli pun sesekali tegang saat menginjak lantai panggung, Nervous lah istilahnya. Itulah kejadian menjengkelkan yang kerap dibenci para pembicara, bukan pembicara saja tapi kalangan orang-orang podium juga membencinya.

Tiba-tiba suara mendadak kering, tubuh gemetar, bulu kuduk pada berdiri dan ingatang buyar seketika. Itu semua ialah pengalaman wajib bagi orang panggung.

Kenapa sih kok mesti begitu? Apa mungkin ada sesuatu di balik panggung, depan, samping atau belakang? Bukan, bukan itu sebabnya. Hanya satulah sumber masalahnya, betul, setan panggung.

Setan panggung tak lain muncul dari diri kita, ego kita. Mulanya hati kecil kita bicara “Aku Takut”, padahal persiapan yang di lakukan sejak awal latihan hingga penampilan sama saja tidak ada kata itu, tapi ya itulah setan panggung yang suka membising dan melunturkan mental kita, dan tak lain setan itu bersumber dari diri kita, hati kecil kita yang tak di ketahui di mana tempatnya.

Sedikit saran dari penulis, bila saja setan paggung itu keluar dari ego anda, jangan peduli, tetap terjang dan jangan sesekali menyerah terus berjuang karena itulah ulah setan-setan tak berperasaan.

Fb: Lingkar Pesantren

IG: @lingkarpesantren

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: